Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Syukuri Pilkada di Kepri yang Berlangsung Aman dan Damai
Oleh : Irwan Hirzal
Minggu | 13-12-2020 | 10:04 WIB
A-WIRYA-SILALAHI.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Anggota Fraksi Nasdem DPRD Provinsi Kepri, Ir Wirya Putra Sar Silalahi. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Fraksi Nasdem DPRD Provinsi Kepri, Ir Wirya Putra Sar Silalahi mengajak masyarakat Provinsi Kepri bersyukur, karena pelaksanaan Pilkada serentak di Kepri berlangsung aman dan damai. Meskipun pesta demokrasi itu digelar di tengah pandemi Covid-19.

"Ini adalah prestasi yang patut diacungkan jempol kepada pihak penyelenggara maupun semua pihak yang mendukung Pilkada ini, baik itu Pemda ataupun aparat keamanan yang turut andil mensukseskan pilkada ini," ujar Wirya Putra Sar Silalahi kepada BATAMTODAY.COM, Minggu (13/12/2020).

Selain itu, Wirya juga mengucapkan selamat dan sukses kepada pasangan calon Wali Kota dan Wakil Walikota, Muhammad Rud-Amsakar Achmad yang berdasarkan hasil hitung cepat, telah unggul dengan perolehan angka yang significan.

"Selamat juga buat pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernru Kepri, Ansar Ahmad-Marlin Agustin yang berdasarkan hasil quick count telah unggul. Tetapi kita tetap harus menunggu hasil resmi perhitungan real count oleh KPUD Kepri," lanjut Wirya Silalahi.

Berdasarkan perhitungan quick count oleh lembaga survey nasional yang kredibel dan terpercaya, diperoleh hasil yang perbedaannya sangat tipis. Yaitu, paslon nomor 1 (Soerya Respationo-Iman Sutiawan) 23.07 persen. Paslon nomor 2 (Isdianto-Suryani) 36.83 persen. Dan paslon nomor 3 (Ansar Ahmad-Marlin Agustin) 40.11 persen. Untuk sampling data masuk sudah 99.20 persen dengan margin error sebesar +- 1 persen.

"Perbedaan antara paslon nomor 3 dan paslon nomor 2 adalah 3,28 persen, sementara error terbesar adalah 2 persen. Jadi secara teori kemenangan paslon nomor 3 terhadap nomor 2 minimum adalah 1,28 persen dan maksimum 5.28 persen. Perbedaan ini termasuk tipis. Tetapi secara teoritis Paslon Nimor 3 masih tetap menang," papar Wirya lagi.

Sementara itu, menurut data KPU SIREKAP, hasil perolehan suara sementara adalah sebagai berikut : Paslon nomor 1 sebesar 21.52 persen, paslon nomor 2 sebesar 34.79 persen dan paslon nomor 3 sebesar 43.69 persen. Dengan sampling sebanyak 2.236 TPS dari 4.062 TPS atau 55.05%

"Bila menurut data ini, perbedaannya cukup signifant, perbedaan 8,90 persen hampir pasti paslon nomor urut tiga menang Pilkada. Walaupun begitu, sekali lagi kita tetap harus menunggu pengumuman resmi dari KPUD Kepri," tutup Wirya Silalahi.

Editor: Gokli