Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pilkada Kepri 2020

Suara INSANI Merangkak Naik, AMAN Klaim Menang, SINERGI Tunggu Putusan KPU
Oleh : Putra Gema
Kamis | 10-12-2020 | 20:04 WIB
sirekap-KPU-19.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Update data Sirekap KPU pada Kamis (10/12/2020) pukul 19.33 WIB.

BATAMTODAY.COM, Batam - Paslon Gubernur Kepulauan Riau nomor urut 02, Isdianto-Suryani (INSANI) untuk sementara menguasai suara Kota Batam dan Kabupaten Karimun.

Mengacu Sirekap KPU, hingga saat ini suara pasangan INSANI masih merangkak naik dari sejumlah daerah, terlibih Batam dan Karimun.

Hingga saat ini, penghitungan suara di Kota Batam sudah berjalan 25.72 persen dan INSANI berhasil memperoleh suara Kota Batam sebanyak 36.767 suara. Sedangkan Paslon AMAN berada di peringkat ke dua dengan perolehan 30.811 suara dan disusul Paslon SINERGI dengan perolehan 28.557 suara.

Sementara untuk Kabupaten Karimun sendiri hingga saat ini sudah sebanyak 49.55 persen suara yang masuk. Paslon INSANI berhasil mendapati 25.830 suara, sedangkan Paslon AMAN mendapati perolehan 17.472 suara dan disusul oleh Paslon SINERGI dengan perolehan 11.231 suara.

Hal berbeda terjadi di Kabupaten Bintan, di mana hingga saat ini suara yang masuk sudah sebanyak 68.27 persen. Untuk Kabupaten Bintan masih dikuasai oleh Paslon AMAN dengan perolehan 36.644 persen. Sementara Paslon INSANI memperoleh 12.882 suara dan disusul Paslon SINERGI dengan perolehan 6.879 suara.

Ketua Tim Pemenangan INSANI, Bakti Lubis mengaku optimis dapat memenangkan kontestasi Pemilihan Gubernur Kepri 2020 ini. "Kami optimis karena hingga saat ini di dua kabupaten dan kota dengan jumlah penduduk terpadat, Karimun dan Batam kami (INSANI) masih unggul," klaim Bakti, Kamis (10/12/2020).

Di waktu yang berbeda, pada Rabu (9/12/2020) malam, Ketua Tim pemenangan Paslon AMAN melakukan klaim kemenangan pasangannya di Pemilihan Gubernur Kepri 2020.

Klaim kemenangan ini diungkapkan Ketua Tim Pemenangan AMAN, Ade Angga di Posko Pemenangan AMAN. Hal ini berdasarkan hasil quick count lembaga survei Indikator Burhanuddin Muhtadi yang bekerjasama dengan pihaknya.

"Data yang kita miliki akurat dan valid. Seperti kita ketahui tim pemenangan bekerjasama dengan lembaga survei yang kredibel secara nasional," kata Ade, saat itu.

Ditegaskannya, dalam hasil quick count tersebut Paslon AMAN berhasil menguasai suara di Kabupaten Bintan, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Lingga.

Sementara itu, calon Gubernur Kepri nomor urut 01, Soerya Respationo memberikan tanggapan terkait adanya salah satu Paslon yang telah menyatakan dan mempublikasikan secara luas telah memenangkan kontestasi Pemilihan Gubernur Kepri 2020 ini.

Dijelaskannya, hasil quick count bukanlah penentu kemenangan Paslon di Pilkada Kepri. Di mana menurutnya hasil akhir Pilkada Kepri akan ditentukan berdasarkan hasil rapat pleno di KPU Kepri nanti.

"Telah beredar quick count dari salah satu Paslon dan menyatakan diri menang. Kalau di sini kita (SINERGI) juga menang. Hasil akhir Pilkada Kepri akan ditentukan berdasarkan hasil rapat pleno di KPU Kepri nanti," tegasnya, di kediamannya.

Hingga berita ini publikasi, data suara dari setiap Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri di situs KPU terus meningkat.

Editor: Gokli