Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pilkada Serentak 2020, TPS di Lingga Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19
Oleh : Wandy
Rabu | 09-12-2020 | 16:36 WIB
tps-14-lingga.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Proses pencoblosan di TPS 14 Dabo, Kabupaten Lingga dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, Rabu (9/12/2020). (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Penerapatan protokol kesehatan menjadi hal yang sangat penting diperhatikan semua yang terlibat di TPS saat Pilkada serentak 2020 berlangsung.

Tak terkecuali di Kabupaten Lingga. Meski angka penyebaran Covid-19 terbilang cukup minim, namun penerapat protokol kesehatan yang ketat tetap dijalankan di TPS.

Pantauan BATAMTODAY.COM di TPS 14 Kelurahan Dabo, Kecamatan Singkep, Lingga, para petugas telah menerapkan protokol kesehatan, dengan baik.

Selain itu, para saksi dari pasangan calon juga wajib mematuhi protokol kesehatan dan petugas juga sebelumnya sudah dilakukan rapid test dengan hasil negatif.

Warga yang memilih diatur waktunya untuk mencoblos agar tidak menumpuk, hal tersebut sebagai langkah mencegah terjadinya penularan Covid-19. Mereka, juga wajibkan menggunakan masker dan jika ada yang lupa membawa masker petugas akan memberikan masker serta sarung tangan plastik pada saat pencoblosan.

"Setiap warga yang datang untuk mencoblos diwajibkan memakai masker dan sarung tangan plastik yang kami sediakan di TPS," kata Ketua KPPS TPS 14, Hary Kurniawan.

Hary menjelaskan, pihaknya juga langsung melakukan penyemprotan untuk mensterilkan lokasi. Guna menghindari penyebaran Covid-19 khususnya di Kabupaten Lingga.

"Setelah warga yang datang untuk mencoblos, kita langsung sterilkan kembali dengan menyemprot tempat duduk, bilik suara, dan kotak surat suara," jelasnya.

Diketahui, jumlah DPT yang memilih di TPS 14 Kelurahan Dabo Kecamatan Singkep sebanyak 195 orang dengan rincian 100 perempuan, 95 laki-laki, untuk DPPH sebanyak 2 orang, 1 perempuan, 1 laki-laki, dan DPTB 1 orang perempuan.

"Jadi ketika digabungkan dari DPT, DPPH, dan DPTB totalnya 198 orang. Sementara DPT asli 267 orang dan yang kita kembalikan ke PPS sebanyak 39," bebernya.

Editor: Gokli