Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sugianto Minta Bawaslu Tegas Proses Dugaan Bansos PHK Ditumpangi Paslon Ansar-Marlin
Oleh : Putra Gema
Selasa | 08-12-2020 | 19:36 WIB
Timse-gerebek-APK.jpg Honda-Batam
Anggota Komisi II DPRD Batam, Putra Respati saat turun ke TKP pengerebekan Bansos PKH disertai APK Paslon Ansar-Marlin di Pelita, Selasa (8/12/2020). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Penggerebekan pembagian Bansos PKH yang disertai APK Paslon Gubernur - Wakil Gubernur Kepri nomor urut 03, Ansar Ahmad - Marlin Agustina (AMAN) di Pelita, Kota Batam, Selasa (8/12/2020), berbuntut panjang.

Direktur kampanye salah satu Paslon pada Pilgub Kepri 2020, Sugianto, yang ikut dalam pengerebekan pembagian Bansos disertai APK Paslon AMAN tersebut mendesak Bawaslu Batam maupun Bawaslu Kepri bersikap tegas dalam memproses temuan itu.

"Kami minta tidak ada pilih kasih. Bawaslu harus bertindak tegas terkait adanya tangkap tangan ini," kata Sugianto sembari menunjukan APK berupa Kalender Paslon Ansar Ahamd-Marlin Agustina, Selasa (8/12/2020).

Dijelaskannya, pembagian Bansos ini tidak hanya terjadi di lokasi tersebut. Tetapi, pada hari ini Bansos dari Kementrian Sosial yang didistribusikan melalui Pemko tersebut didistribusikan ke seluruh wilayah Kota Batam.

"Ini satu kawasan yang kami dapati, kami akan cek ke lokasi lainnya," tegasnya.

Di waktu yang bersamaan, Komisioner Bawaslu Kota Batam, Nopialdi ketika ditemui di lokasi mengatakan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti adanya temuan tersebut.

Sejauh ini, pihaknya telah mengamankan barang bukti puluhan berupa APK kalender bergambar Paslon 03, Ansar Ahmad-Marlin Agustin dari Ketua RT 02, Tarminah.

"Barang bukti sudah kita amankan dan akan kita tindak lanjuti temuan ini," kata Nopialdi.

Dijelaskannya, seandainya hal tersebut memang terbukti, dia menegaskan telah melanggar ketentuan dalam aturan Pemilihan Umum. "Jika memang benar ya, bisa ke ranah pidana hingga pembatalan pengikutsertaan kandidat kontestasi Pilkada," tegasnya.

Sebelumnya, masyarakat menggerebek adanya dugaan pembagian bantuan sosial (Bansos) dengan disertai APK Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri nomor urut 03, Ansar Ahmad-Marlin Agustin di Pelita, Kota Batam.

Temuan ini berawal dari laporan salah seorang warga Pelita kepada tim pemenangan salah satu Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri.

Mendapati laporan tersebut, pihak tim pemenangan tersebut langsung berkordinasi dengan pihak Panwaslu Lubukbaja dan langsung mendatangi lokasi.

Benar saja, saat mendatangi RT02/RW03 Kelurahan Pelita, Kecamatan Lubukbaja, warga melihat adanya pendistribusian sembako disertai APK Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri nomor urut 03, Ansar Ahmad-Marlin Agustin (AMAN).

Salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya membenarkan bahwa turut mengambil bantuan tersebut juga tidak membantah bahwa dirinya mengambil bantuan berupa beras, kacang hijau dan jeruk manis disertai APK tersebut. "Iya tadi juga dikasih kalender. Ya disuruh itu (sambil memperagakan mencoblos)," ujarnya, Selasa (8/12/2020).

Editor: Gokli