Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bawaslu Batam Proses Temuan Warga Pembagian Bansos Disertai APK Paslon AMAN
Oleh : Putra Gema
Selasa | 08-12-2020 | 19:06 WIB
bawaslu-btm-bawa-BB.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Bawaslu Batam saat mengamankan barang bukti APK Paslon AMAN dari TKP pembagian Bansos PHK di Pelita, Selasa (8/12/2020). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bawaslu Kota Batam turun ke lokasi pembagian Bansos sembako yang disertai APK Paslon nomor urut 03, Ansar Ahmad-Marlin Agustin (AMAN).

Komisioner Bawaslu Kota Batam, Nopialdi ketika ditemui di lokasi pembagian sembako yang terletak di RT02/RW03 Kelurahan Pelita, Kecamatan Lubukbaja, Kota Batam mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti adanya temuan tersebut.

Sejauh ini, pihaknya telah mengamankan barang bukti puluhan APK kalender bergambar Paslon 03, Ansar Ahmad-Marlin Agustin dari Ketua RT 02, Tarminah.

"Barang bukti sudah kita amankan dan akan kita tindak lanjuti temuan ini. Akan dilakukan pemanggilan saksi-saksi terlebih dahulu," kata Nopialdi, Selasa (8/12/2020).

Dijelaskannya, seandainya hal tersebut memang terbukti, dia menegaskan bahwa hal tersebut melanggar ketentuan dalam aturan Pemilihan Umum. "Jika memang benar ya, bisa ke ranah Pidana hingga pembatalan pengikutsertaan kandidat kontestasi Pilkada," tegasnya.

Untuk diketahui, temuan ini berawal dari laporan salah seorang warga Pelita dan hal tersebut disampaikan kepada tim pemenangan salah satu Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri.

Mendapati laporan tersebut, pihak tim pemenangan tersebut langsung berkordinasi dengan pihak Ketua Panwaslu Lubukbaja dan langsung mendatangi lokasi.

Benar saja, saat mendatangi RT02/RW03 Kelurahan Pelita, Kecamatan Lubukbaja, pihaknya melihat adanya pendistribusian sembako disertai APK calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri nomor urut 03, Ansar Ahmad-Marlin Agustin.

Salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya membenarkan bahwa turut mengambil bantuan tersebut juga tidak membantah bahwa dirinya mengambil bantuan berupa beras, kacang hijau dan jeruk manis disertai APK tersebut.

"Iya tadi juga dikasih kalender. Ya disuruh itu (sambil memperagakan mencoblos)," ujarnya, Selasa (8/12/2020).

Editor: Gokli