Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sukseskan Pilkada 2020, FKDM Batam Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih dan Hindari Politik Uang
Oleh : Hadli
Senin | 07-12-2020 | 19:20 WIB
FKDM-BTM-Pilkda-2020.jpg Honda-Batam
Logo FKDM Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Batam mengajak masyarakat untuk turut mensukseskan pesta demokrasi dengan cara datang ke TPS pada 9 Desember 2020 untuk memberikan hak pilihnya pada calon Gubernu-Wakil Gubernur Kepri serta calon Wali Kota dan Wakil Wali kota Batam.

"Masyarakat tidak perlu takut dan khawatir karena standar protokol kesehatan di TPS nantinya akan diterapkan dengan sangat ketat, sehingga sangat aman untuk datang ke TPS," tutur Ketua FKDM Batam Alwan Hadiyanto, Senin (7/12/2020).

Pria yang kesehariannya aktif sebagai salah satu dosen hukum di Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA) memberikan tips kepada masyarakat untuk menghindari jeratan hukum dari perbuatan tindak pidana Pilkada.

Pertama, kata dia, tidak menerima pemberian berupa uang atau barang untuk memilih pasangan calon tertentu, karena perbuatan tersebut merupakan pidana money politik bagi pemberi dan penerima.

Kedua, menghindari black campaign dan atau negative campaign demi terwujudnya pelaksanaan Pilkada Batam yang bermartabat. "Ketiga dalam menerima informasi apapun dapat lebih teliti mengenai sumber dan kebenaran dari informasi tersebut, demi terhindar dari informasi HOAX dan tidak menjadi penyebar informasi HOAX," imbaunya.

Wakil Ketua FKDM Batam, Romo Chrisancetus Paschalis Satumus menambahkan, sebelum memilih kenali dulu pasangan calon yang baik sehingga dapat menjadi calon pemimpin yang baik, bagus dan berintegritas demi kemajuan Batam dan Kepri ke depan.

Editor: Gokli