Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Seluruh Pegawai Lapas Batam Komitmen Jaga Netralitas di Pilkada 2020
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 07-12-2020 | 11:00 WIB
apel-lapas-batam1.jpg Honda-Batam
Apel bersama seluruh petugas pengamanan dan pegawai Lapas Batam. (Irwan Hirzal/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Batam meminta seluruh petugas pengamanan dan pegawai Lapas agar netral di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 mendatang.

"Kita selaku Aparatur Sipil Negara dan merupakan bagian di lingkungan Kementerian Hukum dan Ham untuk tetap menjaga netralitas dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah dan tidak terlibat politik praktis," ujar Misbahuddin saat Apel Senin (7/12/2020) pagi, bersama seluruh petugas pengamanan dan pegawai Lapas.

Ia juga mengaku hal ini sesuai dengan surat Edaran Inspektur Jenderal Kemenkumham RI nomor: ITJ-41.OT.02.01 pada 4 November 2020 tentang Netralitas ASN pada kegiatan Politik Praktis di lingkungan kementerian Hukum dan HAM.

Lapas juga merupakan miniatur masyarakat yang berada di luar dan pada tanggal 9 Desember itu juga para warga binaan juga akan memberikan hak pilihnya.

"Insyaallah sesuai dengan data yang kami dapatkan dari Disdukcapil kota Batam melalui Disdukcapil Provinsi Kepri serta data dari KPU Kota Batam ada sekitar 407 warga binaan kami yang akan mengikuti pemilihan pada Pilgub dan Pilwako," tegasnya.

Hal ini telah sesuai juga dengan surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan kemenkumham nomor: PAS-23.HH.01.04 pada 24 Oktober 2020 tentang pemenuhan hak pilih bagi Tahanan dan Narapidana di Lapas, Rutan dan cabang Rutan dalam penyelenggaraan Pilgub dan Pilwako.

"Doakan saja semoga kegiatan kita dalam pelaksanaan m Pilwako dan Pilgub di Lapas Batam ini dapat berjalan dengan dan lancar. Kita berharap tidak ada kendala, dan kami pastikan tidak ada anggota atau pegawai saya yang bermain politik praktis. Dan kami yakin akan menjaga netralitas Pilkada," pungkasnya.

Editor: Yudha