Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolres Karimun Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pilkada Serentak 2020
Oleh : Freddy
Minggu | 06-12-2020 | 20:32 WIB
apel_pergeseran_polres_karimun.jpg Honda-Batam
Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan AS sedang memeriksa kesiapan pasukan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Polres Karimun menggelar apel pergeseran pasukan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada Serentak 2020 Kabupaten Karimun yang digelar di Lapangan Apel Sarja Arya Racana Polres Karimun, Minggu (6/12/2020).

Apel pergeseran pasukan tersebut dipimpin langsung Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan AS, diikuti ratusan personel Polres Karimun dan Bantuan Komando Operasi (BKO) Personel Polda Kepri.

Pasukan tersebut disiapkan untuk membantu melaksanakan pengamanan TPS di wilayah Kabupaten Karimun Provinsi Kepri dalam Operasi Mantap Praja Seligi 2020 Polres Karimun saat Pemungutan Suara Pilkada Serentak berlangsung pada 9 Desember 2020.

"Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di Kabupaten Karimun diharapkan bisa berjalan lancar dari gangguan konvensional seperti konflik, kekerasan, money politik dan pelanggaran pidana serta sehat dari penyebaran Covid-19 dan kondusif ." Kata Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan dalam siaran persnya, Minggu (6/12/2020)

Dalam amanatnya , Kapolres Karimunvmemberikan penekanan cara bertindak kepada personel yang akan melaksanakan pengamanan TPS. Pertama ia meminta pasukannya siap secara fisik maupun sehat jasmani dan rohani, termasuk siap memahami tugas dan kewajiban yang menjadi tanggung jawabnya.

Kedua siap administrasi, artinya dalam menjalankan tugas harus tertib administrasi mulai dari surat perintah tugas sampai akhir penugasan dengan membuat laporan hasil penugasan

Ketiga siap bertugas, artinya siap menjalankan tugas sesuai dengan kemampuan dan petunjuk - petunjuk yang telah diberikan, memahami SOP dan cara bertindak apabila menghadapi permasalahan serta menerapkan protokol kesehatan.

Hal itu dilakukan dalam rangka menjaga keselamatan dan kesehatan personel atau para pihak yang terlibat dalam pengamanan di setiap tahapan dan penyelenggaraan pemilihan serentak dimasa pandemi Covid-19.

Sedangkan pesan keempatnya, dalam melaksanakan pengamanan nanti, Polisi tidak sendirian namun dibantu oleh rekan TNI dan Linmas, untuk itu berdayakan komponen yang ada.

Selain itu, Adenan menekankan kepada personel yang akan melaksanakan pengamanan TPS diantaranya yakni personel pengamanan TPS hanya bertugas mengamankan lokasi di luar TPS. Kepolisian tidak punya wewenang untuk masuk di dalam lokasi TPS, kecuali diminta kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS)

Selanjutnya, Kapolres Karimun berharap anggota Polri yang bertugas mengamankan di TPS, harus datang lebih awal, Cek kesiapan di TPS dan koordinasikan kembali untuk mengetahui kesiapan dan hambatan yang mungkin terjadi dengan KPPS.

Selain itu lakukan koordinasi pengamanan dengan Linmas, TNI dan komponen pendukung lain yang ada di TPS. dan berikutnya jika ada permasalahan di dalam lokasi TPS, itu bukan menjadi domain Polri, tapi apabila atas permintaan atau ijin dari Ketua KPPS, baru petugas PAM TPS dapat memasuki lokasi pungut suara.

Adenan mengingatkan , bahwa tugas pengamanan TPS merupakan tugas di masa operasi khusus. Apabila ada anggota tidak melaksanakan tugas atau meninggalkan tanggung jawab sebelum tugas selesai, maka akan diberikan sanksi tegas berupa hukuman dua kali lipat sesuai ketentuan perundang undangan

Kapolres Karimun menambahkan ,setelah tiba di lokasi TPS, segera kenali siapa petugas KPPS, Linmas, TNI Kades dan Ketua RT/RW ,dapatkan nomor kontak mereka agar memudahkan komunikasi apabila ada permasalahan di lapangan

Selanjutnya petugas PAM TPS diminta segera mempelajari tipologi wilayah penugasan dengan menggalang potensi masyarakat, jaga sikap prilaku kita sebagai anggota polri. Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dengan misi untuk mengamankan dan mengawal pelaksanaan pilkada 2020.

Dijelaskan Kapolres Karimun, tugas utama rekan-rekan semua adalah melakukan pengamaman pada pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 khususnya di wilayah Kabupaten Karimun, jaga netralitas dan nama baik Institusi Polri serta hindari segala bentuk pelanggaran.

Selain itu Kapolres Karimun juga mengingatkan seluruh personel yang akan berangkat tugas pengamanan ini agar berhati-hati diperjalanan, jaga kesehatan dan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Personel yang melaksanakan pengamanan TPS sebanyak 264 Personel dari 555 TPS yang tersebar di wilayah Kabupaten Karimun, sebelumnya seluruh personel yang akan melaksanakan pengamanan TPS ini sudah dilakukan Rapid Test dan alhamdullilah semuanya non reaktif," pungkasnya.

Pelaksanaan Apel yang dimulai pada pukul 16.00 WIB dihadiri PJU Polres Karimun dan perwira Pengawas dari Polda Kepri dan diakhiri dengan Pembacaan Do'a untuk mohon keselamatan dan kelancaran dalam pelaksanaan tugas ini.

Editor: Surya