Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Ini, KPU Batam Distribusikan Kotak Suara ke Kecamatan Hinterland
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 05-12-2020 | 17:36 WIB
kotak-suara-btm.jpg Honda-Batam
Proses distribusi kotak suara di Batam, Sabtu (5/12/2020). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mulai mendistribusikan kotak suara dari gudang logistik di Sagulung menuju 12 kecamatan di Batam.

Pendistribusian di hari pertama, Sabtu (05/12/2020), KPU melakukan pengiriman kotak suara di tiga kecamatan hinterland, yaitu Kecamatan Belakang Padang, Bulang dan Sagulung.

"Hari pertama tahapan distribusi kotak suara di 3 kecamatan. Pertama kita kirim ke kecamatan Belakangpadang, Bulang dan terakhir Sagulung," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Herrigen.

Dalam pengiriman kota suara ke tiga kecamatan, dikawal ketat sampai ke kantor kecamatan oleh aparat yang bertugas. Selain petuga kepolisian dan TNI, Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) juga turun mengawal sampai ke kantor kecamatan.

Lanjut Herrigen, tahapan pengiriman kotak suara ke kantor kecamatan terhitung dari tanggal 5-7 Desember 2020 mendatang. Pada Minggu 6 Desember pengiriman kotak suara dilakukan di lima kecamatan yang ada di Kota Batam.

"Hari terakhir 4 kecamatan. Kecamatan yang mana saja saya kurang hafal. Tetapi hari ini belum ada kendala pengiriman kotak suara," ujarnya.

Ia berharap pendistribusian kotak suara di 12 kecamatan dapat berjalan lancar dan tanpa ada hambatan. Meskipun saat ini Batam kerap kali diguyur hujan.

"Tidak ada kendala, jadwal distribusi kita sudah kordinasi dengan PPK yang mengetahui kondisi di lapangan. Dari KPU masih ada waktu 1 hari kita berharap lancar dan tanggal 7 semua sudah bisa sampai di kecamatan," tegasnya.

Komisioner Divisi Pengawasan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Batam, Novialdi menyampaikan proses logistik sudah berjalan sebagaimana yang sudah dijadwalkan KPU. Kami Bawaslu bersama panwascam dan pengawasan kelurahan senantiasa melakukan pengawasan distribusi kotak suara dari di gudang logistik menuju kecamatan.

Ia mengaku sampai saat ini, belum ditemukan potensi-potensi kecurangan dan pelanggaran. Pasalnya dia melihat aparat kepolisian dan TNI sudah maksimal menjaga logistik.

"H-1 kotak suara sudah di TPS. Sejauh ini proses tahapan Pilkada berjalan dengan baik," pungkasnya.

Editor: Gokli