Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anggota Polri Harus Netral

Anggota Kompolnas Pantau Distribusi Logistik Pilkada 2020 di Sagulung
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 05-12-2020 | 13:08 WIB
kompolnas-gudang-logistik1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Republik Indonesia Irjen Pol (purn) Drs. Pudji Hartanto Iskandar di gudang logistik Pilkada Kepri dan Batam. (Irwan Hirzal/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mantan Kapolda Kepri, Irjen Pol (purn) Drs. Pudji Hartanto Iskandar MM yang kini menjabat sebagai Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Republik Indonesia berkesempatan mengunjungi gudang logistik pelipatan surat suara dan kotak suara Pilkada 2020 di Sagulung pada Sabtu (5/12/2020) pukul 10.30 WIB.

Dalam kesempatan itu, mantan ajudan Wakil Presiden RI Hamzah Haz, memantau proses pendistribusian kotak suara dari gudang logistik menuju Kecamatan masing-masing di Kota Batam. Dia mengaku kunjungannya ke gudang logistik guna memantau pengaman anggota Polri yang bertugas dalam Pilkada serentak.

"Kompolnas sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan melaksanakan kegiatan monitor dan mengawasi anggota Polri yang sedang melaksanakan tugas rutin maupun khusus. Ini Pilkada merupakan tugas khusus dimana pengamanannya dilakukan secara rutin dan sangat ekstra," ujar Pudji.

Dia mengaku sudah melihat persiapan anggota Polri di lapangan dan anggota melaksanakan tugas di masing-masing lokasi yang telah ditempatkan. Salah satunya gudang sarana kotak suara ini, menjadi perhatian khusus.

"Harapan kita anggota dilapangan morilnya tetap semangat, kemudian tetap sehat karena tahun ini dalam situasi covid-19. Daerah Batam daerah kepualaun jangkauannya harus melalui jalur laut cuaca harus diantisipasi," ungkapnya.

Ia juga berpesan kepada seluruh jajaran anggota Polri di Polda Kepri untuk tetap secara profesional melaksanakan tugas pengamanan Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

"Netralitas harus menjadi satu jaminan kepada seluruh anggota Polri. Karena itu, menjadi salah satu hal yang akan menjadi masalah apabila disalah gunakan. Tetap menjaga kesehatan karena covid berbahaya. Terakhir tetap semangat baik seluruh petugas yang terlibat mulai TNI hingga Bawaslu. Sehingga Pilkada berjalan dengan damai dan sukses," pungkasnya.

Sementara, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Herrigen, mengaku tahapan Pilkada sejauh ini berjalan dengan baik. Polri, TNI menjaga gudang logistik selama 24 jam. Bahkan dalam satu hari kata dia, dua kali mobil patroli selalu keliling di gudang logistik.

"Polisi sangat koperatif. Pengamanan digudang logistik 24 jam, minimal 2 kali patroli keliling. Kami sangat berterima kasih, karena sebagai pelaksana sangat nyaman berkerja melakukan tahapan Pilkada," ujar Herrigen.

Editor: Yudha