Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hasil Survei P3M STIE Pembangunan Tanjungpinang Paslon Ansar-Marlin Masih Idola di Kepri
Oleh : Syajarul Rusydy
Kamis | 03-12-2020 | 17:11 WIB
survei-Satriadi.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Hasil survei P3M STIE Pembangunan Tanjungpinang terhadap Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri 2020. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pusat Peneliti dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STIE Pembangunan Tanjungpinang melakukan survei daya tarik masyarakat terhadap tiga Paslon Gubernur - Wakil Gubernur Kepri.

Dari hasil survei yang dilakukan itu, disebut Paslon Ansar Ahmad-Marlin Agustina menempati posisi teratas, meninggalkan Paslon Isdianto-Suryani dan Soerya-Iman.

SAP MSc dari Divisi Penelitian P3M STIE Pembangunan Tanjungpinang, Satriadi menyampaikan pihaknya telah menyelesaikan survei Pilkada serentak 2020 di Provinsi Kepri per November 2020. Dari hasil survei tersebut, dukungan masyarakat terhadap pasangan nomor urut 3, Ansar-Marlin tertinggi.

"Dari hasil survei yang kita buat, Paslon nomor urut 3 menjadi idola. Pasalnya dia memiliki nilai satatistik lebih tinggi, ketimbang dua Paslon lainnya," beber Satriadi, kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (3/12/2020).

Satriadi menerangkan, penelitian atau survei ini dilakukan dalam kurun waktu kurang lebih 3 minggu, dari tanggal 1 - 22 November 2020, dengan metode random sampling. Dengan total responden yang menanggapi 663 orang, dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan oleh KPU, yakni sebanyak 1.168.188 jiwa. Penelitian ini menggunakan margin eror 1 persen, dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael, dan juga dengan menggunakan Nomogram Harry King.

Dari penelitian atau survei itu, hasilnya, Paslon Ansar-Marlin, didukung sebanyak 332 (50,08 persen) responden, kemudian disusul dengan posisi kedua Paslon Isdianto-Suryani, didukung 201 (30,32 persen) responden dan terakhir Paslon Soerya-Iman didukung 130 (19,61 persen) responden.

"Untuk jumlam pemilih ini, kalau dari hasil yang saya lihat Tanjungpinang-Batam yang mendominan. Sedangkan daeran lainya di Kepri tidak antusias, namun yang paling menonjol, pemilih Ansar-Marlin itu mencapai 80 persen di Bintan," timpal Satriadi.

Editor: Gokli