Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Baru 5 Kecamatan di Batam Selesaikan Pelipatan Surat Suara Pilkada 2020
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 26-11-2020 | 10:12 WIB
pelipatan-suara1.jpg Honda-Batam
Pelipatan surat suara pilkada 2020. (Irwan Hirzal/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tidak terasa dalam dua pekan kedepan penyelenggara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam akan menggelar pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Saat ini KPU Kota Batam masih terus menyiapkan tahapan Pilkada. Salah satunya surat suara dan penyiapan kotak suara.

Sejauh ini KPU Kota Batam masih terus melakukan pelipatan surat suara dan menyiapkan kotak suara di gedung ex Giant kawasan Batuaji.

"Sampai saat ini baru lima kecamatan yang sudah siap dilakukan pelipatan surat suara," ujar Martius, Divisi hukum dan pengawasan KPU Kota Batam Rabu (25/11/2020) kemarin.

Lima kecamatan yang sudah siap surat suara dan kotak suara yaitu Batam Kota, Sagulung, Bulang dan Galang serta Belakang Padang. Sementara 7 kecamatan lainnya masih dilakukan pelipatan.

"Kita optimis 5 Desember pelipatan suara sudah selesai dan dapat di distribusikan ke kecamatan masing-masing," ungkapnya.

Tambah Martius, meskipun 7 kecamatan belum rampung pelipatan surat suara, namun kecamatan Batam Kota dan Sagulung sudah siap. Pasalnya dua kecamatan tersebut paling banyak pendistribusian tempat pungutan suara (TPS).

"Kecamatan Batam Kota itu ada 360 TPS paling banyak dari 12 kecamatan di Batam dan Sagulung 354," paparnya.

Dari pantauan di gedung logistik pelipatan surat suara, terlihat di pintu masuk gudang ada tiga petugas Tim kesehatan UPTD Puskesmas Tanjunguncang yang melakukan pemeriksaan kesehatan setiap orang yang hendak masuk.

Dalam pelipatan surat suara dan kotak suara itu dijaga ketat oleh Polri dan TNI serta Bawaslu Kota Batam.

Editor: Yudha