Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dapat Dukungan Warga, INSANI Bakal Selesaikan Persoalan Air dan Lahan di Bengkong
Oleh : Putra Gema
Senin | 23-11-2020 | 18:37 WIB
suryani-bengkong-lahan.jpg Honda-Batam
Calon Wakil Gubernur Kepri, Suryani saat bertemu warga Bengkong Wahyu, Minggu (23/11/2020). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Masyarakat Bengkong Wahyu memberikan dukungan penuh kepada calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau nomor urut 02, Isdianto-Suryani (INSANI).

Dalam pertemuan yang berlangsung pada Minggu (22/11/2020) malam, Suryani didampingi Wakil Sekretaris Tim Pemengan INSANI, Uba Ingan Sigalingging bertemu langsung dengan tokoh dan perwakilan masyarakat Bengkong Wahyu.

Salah satu tokoh masyarakat Bengkong Wahyu, Sirait mengungkapkan, selama ini pihaknya telah tinggal di lokasi yang bermasalah soal lahan dan air bersih.

Dijelaskannya, lahan di kawasan Bengkong Wahyu sendiri saat ini masih merupakan kawasan hutan lindung. Tidak tinggal diam, pihaknya telah beberapa kali melakukan konsolidasi dengan pemerintah setempat, tetapi tidak membuahkan hasil.

"Sampai saat ini kami tidak ada sertifikat bu, sudah beberapa kali kami ajukan ke Pemrintah Kota, tetapi tidak pernah ada hasil," kata Sirait.

Tidak berhenti di situ, dia juga menjelaskan bahwa buntut dari permasalahan lahan ini membuat ribuan warga Bengkong Wahyu tidak bisa mendapatkan pasokan air bersih dari pengelola air baku di Kota Batam.

"Jadi selama ini kami pakai sumur bor bu, tolong permasalahan ini segera diselesaikan saat ibu Suryani dipercayai masyarakat untuk memegang Pemerintahan Provinsi Kepri," harapnya kepada INSANI.

Mendengar hal tersebut, Suryani langsung menanggapi permasalahan tersebut dengan cepat dan tepat. Diungkapkannya, saat menjabat sebagai anggota DPRD Kepri, dirinya mengetahui Pemerintah Pusat memiliki program Reforma Agraria.

Di mana dalam program tersebut, kawasan hutan lindung yang telah rusak dapat dialih fungsikan menjadi lokasi tinggal masyarakat. "Bengkong Wahyu akan kita upayakan masuk ke dalam program ini. Harapan kami ini menjadi perjuangan kita bersama," kata Suryani.

Ia juga menjelaskan, jika permasalahan lahan ini sudah selesai, maka proses pendistribusian air bersih ke masyarakat Bengkong Wahyu akan mudah dan cepat.

"Untuk air bersih sendiri, kita utamakan lahan clear karena ketika lahan clear, pasti air gampang masuknya. Kami akan realisasikan semua yang diinginkan bapak-bapak dan ibu-ibu. Kami tidak akan membicarakan wancana, tapi kami akan jalankan semua," tegasnya.

Di waktu yang bersamaan, Uba menambahkan, permasalahan air bersih ini sudah disampaikan juga kepada Isdianto. "Sudah saya sampaikan juga ke Pak Isdianto, tentu agenda pertama yang saya minta hak atas air itu diberikan kepada masyarakat karena itu merupakan hal yang wajib. Satu Bulan lalu, saya bersama RT dan RW juga sudah ke BP Batam untuk keluarkan rekomendasi air bersih ke sini," tutupnya.

Editor: Gokli