Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ishak-Salmizi Bakal Perhatikan Kesejahteraan Para Nelayan di Lingga
Oleh : Bayu Yiyandi
Senin | 23-11-2020 | 17:39 WIB
isak-nelayan-lingga.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Calon Bupati Lingga, Ishak saat bertemu nelayan, Minggu (22/11/2020). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lingga nomor urut 01, Muhammad Ishak-Salmizi, mengaku akan memperhatikan kesejahteraan para nelayan di Kabupaten Lingga jika terpilih menjadi Bupati selama 5 tahun ke depan.

Pasangan yang berasal dari mantan birokrat dan politikus ini menyatakan sudah menyiapkan beberapa program untuk membantu para nelayan.

"Saya anak seorang nelayan sondong. Sebelum sekolah, saya selalu menjual udang hasil tangkapan sondong encek saya ke kampung-kampung di Daik. Kalau libur, sejak SMP sampai masih kuliah, pun saya selalu membantu ke laut atau mengambil ikan hasil tangkapan di pelabuhan lalu antar ke rumah toke," kata Muhammad Ishak, Calon Bupati Lingga, saat berkampanye di beberapa kampung dan desa di wilayah Kecamatan Senayang hingga Bakung Serumpun, Minggu (22/11/2020).

"Alhamdulilah saya pun dapat menyelesaikan S1 di Fakultas Perikanan UNRI. Karna itu saya tahu betul bagaimana pahit getirnya kehidupan seorang nelayan dan ini tentu akan menjadi perhatian utama saya," ungkapnya.

Walaupun kewenangan kabupaten di wilayah laut punya keterbatasan, namun beberapa langkah, katanya, masih bisa diambil untuk memudahkan segala urusan terhadap nelayan. Salah satunya dengan melakukan koordinasi itensif ke provinsi serta kementrian secara terus menerus.

"Meski sudah ada jalur formal seperti mengajukan usulan melalui Musrenbang, tetapi kalau kita selalu datang dan bersilaturahmi dengan membawa data yang lengkap, saya yakin dapat membantu lebih banyak lagi kepada saudara saya para nelayan di Lingga," ujarnya.

Di samping itu, Ishak mengaku, pasangannya juga telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk membangun Lingga di sektor perikanan. Salah satu di antaranya adalah budidaya keramba.

"Jadi selain budidaya laut melalui keramba, nanti budidaya Ketam Bangkang Bakau juga harus digalakan karna beberapa tambak yang awalnya sudah digunakan untuk budidaya ikan bandeng lalu dicoba dengan budidaya ketam bangkang ada kecenderungan memberi hasil yang positif. Sementara lokasi budidaya ketam di Lingga sangat banyak," ujar Ishak.

Editor: Gokli