Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Karimun Optimis Target Partisipasi Pemilih Pilkada 2020 Capai 77,5 persen
Oleh : Freddy
Minggu | 22-11-2020 | 15:04 WIB
eko_purwandoko_krimun_b.jpg Honda-Batam
Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko (Foto: Freddy(

BATAMTODAY.COM, Karimun - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun optimis dengan target partisipasi pemilih dalam Pilkada 2020 Kabupaten Karimun mencapai angka 77,5 persen.

"Kita optimis bisa mencapai target 77,5 persen partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Karimun." Kata Eko Purwandoko, Ketua KPU kabupaten Karimun, Sabtu (21/11/2020).

Kata Eko, target yang ingin diapai ini bukan tanpa ada dasar, karena kita juga sudah menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020 ini.

Selain itu, KPU juga sudah menyiapkan relawan demokrasi (Relasi) yang ikut membantu mensosialisasikan kepada sasaran pemilih yang sesuai dengan segmen nya masing-masing.

Menurut Eko, target ini bisa menjadi pelecut bagi KPU Kabupaten Karimun untuk lebih insentif dalam melakukan sosialisasi agar target 77,5 persen tercapai.

"Karena Pilkada serentak 2020 ini dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19 tentunya protokol kesehatan menjadi prioritas kita ,dan untuk sosialisasi lebih mengefektifkan dengan pemasangan spanduk,baleho , relawan demokrasi, petugas KPU serta peranan media," tutur Eko.

Pemungutan suara memang baru dilakukan pada 9 Desember 2020 ,Eko Purwandoko berharap pada bulan Desember 2020 grafik perkembangan Covid-19 di kabupaten Karimun semakin melandai atau tidak ada lagi , sehingga masyarakat tidak merasa khawatir untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Terpisah Pjs Bupati Karimun, Herry Andrianto mengatakan pemerintah daerah tetap merasa optimis dengan target partisipasi pemilih di Kabupaten Karimun mencapai 77,5 persen .

Ia menjelaskan, sekarang ini sudah dilakukan koordinasi dengan Camat dan Lurah Se Kabupaten Karimun untuk mensukseskan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Karimun serta meningkatkan partisipasi pemilih.

Sementara beberapa kalangan wartawan berharap KPU kabupaten Karimun maupun pemerintah daerah bisa memaksimalkan peran media massa dalam mensosialisasikan ke masyarakat karena jangkauan media sangat besar dan bisa menyampaikan informasi sampai ke Desa-desa ,apalagi Pilkada 2020 dilaksanakan ditengah kondisi Pandemi Covid-19.

Editor: Surya