Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masa Konsesi ATB Berakhir, Pengelolaan Air di Batam Resmi Ditangani PT Moya Indonesia
Oleh : Paskalis Rianghepat
Jum\'at | 13-11-2020 | 12:36 WIB
konsesi-atb-berakhir1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Plh Kepala BP Batam, Purwiyanto (Tengah) saat melakukan Konferensi Pers dengan awak media, Jumat (13/11/2020). (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kota Batam yang sebelumnya di tangani ATB selama 25 tahun, dalam waktu dekat akan diambil alih PT Moya Indonesia.

Pengalihan ini ditandai dengan Penandatanganan Berita Acara Pengakhiran Konsesi antara ATB dan pihak BP Batam yang dilakukan di gedung Marketing Centre Badan Pengusahaan (BP) Batam, Jumat (13/11/2020).

"Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kota Batam sebentar lagi akan dioperasilkan PT Moya Indonesia. Hal itu merupakan tanggung jawab BP Batam untuk memberikan pelayanan akan kebutuhan air bersih bagi masyarakat Batam," kata Plh Kepala BP Batam, Purwiyanto.

Purwiyanto menjelaskan, walaupun masih dalam proses transisi, BP Batam sangat yakin kepada PT Moya Indonesia untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga Kota Batam sejak berakhirnya konsesi antara ATB dan BP Batam pada 15 November yang akan datang.

Semua persiapan yang dilakukan PT Moya, kata dia, telah mencapai tahapan hampir rampung, mulai dari proses and Over, penempatan operator produksi, distribusi, Customer Management, persiapan kantor layanan, Infrastruktur serta persiapan aspek teknologi (Call Center).

"Progress yang dilakukan PT Moya Indonesia menjelang masa transisi sudah mencapai 90%," ujarnya.

Purwiyanto menegaskan, meskipun pengoperasian SPAM di Batam telah berpindah dari ATB ke PT Moya Indonesia, BP Batam tetap berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan yang optimal guna mengakomodir kebutuhan air bersih bagi masyarakat Batam.

BP Batam dan PT Moya Indonesia, lanjutnya, akan memberikan suplai air dengan kualitas, kuantitas dan kontinuitas yang terukur sehingga pelayanan terhadap para pelanggan dan rasio cakupan layanan penerima manfaat air bersih menjadi bertambah.

"Ini adalah bentuk partisipasi BP Batam dan PT Moya untuk penyediaan air minum karena telah menjadi agenda nasional dalam pemenuhan kebutuhan dasar," tambahnya.

Selain Penandatanganan Berita Acara Pengakhiran Konsesi antara ATB dan BP Batam, dalam kesempatan itu juga dilakukan Penandatanganan Berita Acara Penyelenggaraan Operasi dan Pemeliharaan SPAM Batam.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Plh Kepala BP Batam, Purwiyanto, perwakilan dari ATB, Deputi VI Kemenko Perekonomian RI, Wahyu Utomo dan Direktur Operasi SPAM Batam (PT MOYA), Sutedi Raharjo.

Editor: Yudha