Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sosialisasikan Penanggulangan AIDS

KPA Kepri Bagi-bagi Kondom di Lingga
Oleh : Juhari/Dodo
Kamis | 31-05-2012 | 14:07 WIB

LINGGA, batamtoday - Biro Kesra dan Tim Komisi Penanggulangi AIDS (KPA) Provinsi Riau bersama LSM dan Mahasiswa Umrah membagi-bagikan kondom di sejumlah warung remang-remang di Lingga selama tiga hari hingga Kamis (31/5/2012).

Aksi bagi-bagi kondom itu dilakukan sebagai sosialisasi pencegahan AIDS yang dirasakan kian merebak di sejumlah wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

"Kondom sebagai alat untuk mencegah penularan IMS dan HIV atau dua-duanya sekaligus merupakan bagian yang integral dari penanggulangan HIV/AIDS," kata Agus Surahman dari LSM Peduli AIDS Kepri.

Dia menyampaikan 90% penderita HIP/AIDS dalam penyebaran melalui Jarum suntik dan 40% melalui hubungan seksual. Pada tahun 2011, pihak yang banyak terjangkit virus tersebut lebih banyak didominasi ibu rumah tangga, yang tertular suaminya akibat sering 'jajan' di luar. 

Upaya menekan jumlah penderita, lanjut Agus, pihaknya sudah melakukan tindakan nyata dengan memberikan pengertian secara langsung bagi orang-orang yang terkait dengan risiko tertular dan menularkan IMS (infeksi menular seksual), seperti GO, sifilis, virus hepatitis B serta HIV/AIDS. 

Selain melakukan bagi-bagi kondom, digelar juga sosialisasi peningkatan aparatur dalam menangulangi penyebaran Infeksi Menular Seksual (IMS) kepada sejumlah aparatur daerah Kabupaten Lingga yang diwakili sejumlah SKPD bertempat di Penginapan Gapura Dabo.

Ignasius Luti, Kepada Dinas Kesehatan Lingga, mengatakan dalam kurun waktu setahun 2010 hingga 2011 di Lingga, jumlah orang yang terkena virus HIV/AID sebanyak 11 orang.