Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hasil Rapid Tes Dua Peserta Demo Reaktif

Kapolres Bintan Apresiasi Demo Buruh di Lobam Lancar dan Damai
Oleh : Harjo
Rabu | 11-11-2020 | 15:20 WIB
A-DEMO-BURUH-LOBAM.jpg Honda-Batam
Pjs Bupati Bintan Buralimar saat menemui massa yang demo di depan pintu masuk Kawasan Industrial Lobam Bintan. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Walaupun demo buruh yang tergabung FSPMI Bintan, berjalan aman dan terkendali, namun diwarnai dengan temuan dua peserta yang dinyatakan reaktif setelah dirapid tes oleh tim medis yang disiapkan oleh Polres Bintan dan jajarannya..

Unjuk rasa di depan pintu masuk Kawasan Industrial Lobam, kali ini menuntut meminta kenaikan Upah (UMK) Bintan 2021 dan menolak UU Omnibuslaw pada Senin (9/10/2020).

Selain itu, aksi tersebut menuntut para juga menuntut DPRD Bintan agar menyampaikan aspirasi pekerja ke Pemerintah Pusat sesuai dengan janjinya serta mengharapkan pemerintah secara intens melakukan pengawasan terhadap TKA yang masuk ke Bintan.

Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono, saat itu menyampaikan dalam melakukan pengamanan telah menyiapkan sebanyak 500 personil gabungan, guna mengamankan aksi unjuk rasa. Juga disiapkan tim medis yang akan melakukan pengecekan rapid test kepada para pekerja yang akan mengikuti aksi unjuk rasa.

Hasil terdapat 2 orang dengan hasil reaktif saat dilakukan rapid test oleh petugas medis, selanjutnya kedua orang tersebut langsung dilakukan karantina untuk diambil tindakan swab, apabila hasil sweb positif maka akan di trasing yang bersentuhan dan dekat dengan yang bersangkutan maka Satgas covid akan laksanakan sweb guna trasing lanjutan.

"Kegiatan unjuk rasa itu diperbolehkan, namun untuk situasi saat ini lebih baik tidak dilakukan, dikarenakan saat ini wilayah kita salah satu wilayah yang masih terdampak oleh pandemic Covid-19," ujarnya.

Karena kegiatan unjuk rasa speerti ini, dapat menimbulkan efek buruk bagi para pengunjukrasa ataupun petugas karna kurangnya dan minimnya kepatuhan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak dan lainnya.

"Sungguh disayangkan jika hal ini akan menjadi penyebab banyaknya mayarakat Kabupaten Bintan terpapar Covid-19," katanya.

Kapolres Bintan mengucapkan terimakasih dan mengapresiasikan aksi tersebut karena dapat berjalaan dengan lancar tanpa adanya aksi anarkis dan para peserta unras telah melaksanakan rapid tes.

Sebaliknya, Pjs Bupati Buralimar dan perwakilan Apindo hadir dan menampung aspirasi peserta unjukrasa yang dilakukan oleh para pekerja.

Editor: Dardani