Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perjuangkan Pembangunan Embung Sebayar, DPRD Natuna Kunjungi BWSS IV di Batam
Oleh : Kalit
Senin | 09-11-2020 | 20:08 WIB
embung-sebayar-01.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Rombongan DPRD Natuna saat kunjungan kerja di Kantor BWSS IV di Sekupang, Kota Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Rombongan DPRD Natun, dipimpin Wakil Ketua I, Daeng Ganda Rahmatullah berkunjung ke Kantor Balai Wilayah Sungai Sumatera IV di Sekupang, Kota Batam.

Dalam kunjungan kerja ini, turut hadir Ketua Komisi II, Marzuki; anggota Komisi I, Ibrahim dan anggota komisi II, Saifullah. Rombongan DPRD Natuna diterima langsung Kepala BWSS IV, Tuti Suarsih.

Daeng Ganda mengatakan, dalam kunjungan ini, pihaknya membicarakan terkait pembangunan Embung Sebayar dan embung-embung lainnya di Natuna. "Pembangunan Embung Sebayar akan tetap diperjuangkan walaupun masih terdapat kekurangan kelengkapan. Hal ini untuk menyelesaikan krisis air bersih di Bunguran Besar dan Ranai," kata Ganda, Senin (9/11/2020).


Menurutnya, Pemkab Natuna perlu untuk melengkapi dokumen administrasi serta surat dukungan kesiapan pembebasan lahan.

Sementara Ketua Komisi II DPRD Natuna, Marzuki menyampaikan untuk mengatasi krisis air bersih di Pulau Bunguran Besar, harus dibangun embung Sebayar. "Saya mendesak Pemerintah Daerah, untuk segera melengkapi administrasi yang dibutuhkan untuk memuluskan rencana pembangunan Embung Sebayar tersebut," ungkap politisi Gerindra ini.


Ada kendala yang dihadapi yakni tentang ketersedian lahan yang diminta BWSS IV, sedangkan surat kepastian ketersedian lahan dari Pemkab Natuna belum ada. "Artinya, tipis peluang embung ini dibangun tahun 2021 ini," imbuhnya.

Menurut Marzuki, DPRD Natuna akan mengupayakan agar pembebasan lahan untuk keperluan Embung Sebayar bisa masuk dalam APBD Natuna 2021. Dia akan mengupayakan memasukan anggaran pembebasan lahan untuk Embung Sebayar secepatnya.

"Akan kita coba masukan ke dalam APBD 2021," tutupnya. (*)