Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wow, Rajin Minum Kopi Bisa Hindari Kanker
Oleh : Redaksi/Mg
Kamis | 31-05-2012 | 10:15 WIB
minum_kopi_sehat.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi: Minum kopi

LOS ANGELES, batamtoday - Kabar bagus bagi para penggemar kopi di dunia. Kebiasaan meminum kopi secara rutin ternyata mampu menghindarkan tubuh dari serangan penyakit mematikan seperti kanker.

Dikutip batamtoday dari Journal American Association for Cancer Research, Kamis(31/5/2012), Profesor Edward Gionannucci dari Havard School of Public Healt mengatakan, bahwa sifat antioksidan yang dikandung minuman kopi bisa menjadi perisai yang dapat menghindarkan manusia dari serangan kanker endometrium. 

"Setelah berkesimpulan bahwa kopi dapat melindungi kita dari serangan diabetes karena efeknya pada insulin, kini kami berhipotesis baru bahwa kopi juga memiliki antioksidan yang dapat menghindarkan tubuh terserang kanker endometrium," katanya. 

Giovannucci, dan rekan-rekannya, termasuk Youjin Je, seorang kandidat doktor di Havard, melihat kasus kanker endometrium pada hampir 70.000 perempuan yang terdaftar dalam Studi Kesehatan Perawat. Selama 26 tahun, telah mendokumentasikan 672 kasus kanker endometrium. Lebih dari empat cangkir kopi dikaitkan dengan penurunan 25% dalam risiko, sementara dua sampai tiga cangkir memiliki risiko 7% lebih rendah.

Hasil temuan ini tampaknya juga berlaku untuk kopi tanpa kafein, dengan penurunan 22% selama lebih dari dua cangkir per hari.

Giovannucci mengatakan ia ingin melihat penelitian lebih lanjut tentang efek kopi pada kanker, karena dalam studi ini, sampel yang diambil secara selektif dan tidak dipilih secara acak. Namun Ia menggarisbawahi efek positif tersebut hanya untuk mereka yang tidak merokok. 

"Jika Anda minum kopi dan merokok, efek positif dari kopi akan tereliminir dengan efek negatif dari merokok, pengujian laboratorium telah menemukan bahwa kopi memiliki antioksidan jauh lebih dari sebagian besar sayuran dan buah-buahan," tuturnya.