Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Minum Air Putih Bikin Anak Doyan Makan Sayur
Oleh : Redaksi/detikHealth
Rabu | 30-05-2012 | 12:20 WIB

BATAM, batamtoday - Jika anak Anda suka pilih-pilih makanan dan tidak menyukai sayuran sama sekali, Anda harus mengurangi konsumsi minuman manis pada anak dan menggantinya dengan air putih biasa. Minum air tawar dapat meningkatkan nafsu makan anak terhadap sayuran.

Peneliti dari Amerika, T. Bettina Cornwell dan Anna R. McAlister melakukan survei terhadap 60 orang dengan usia antara 19 hingga 23 tahun. Koresponden tersebut diminta untuk memilih berbagai macam kombinasi makanan dan minuman yang akan disajikan untuk anaknya.

Selanjutnya peneliti juga melakukan pengujian terhadap 75 anak dengan usia antara 3 sampai 5 tahun untuk memilih antara minuman yang manis atau air biasa. Selain itu anak juga diminta memilih antara makanan ringan atau sayuran.

Anak yang sebelumnya telah minum soda akan cenderung memilih makanan ringan yang asin dan padat kalori daripada sayuran. Sedangkan anak yang sebelumnya telah minum air tawar lebih banyak memilih makan sayuran seperti wortel atau paprika merah.

Sehingga dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa air tawar dapat meningkatkan nafsu makan terhadap sayuran, sedangkan minuman bersoda yang manis akan membuat anak lebih memilih makanan ringan dengan rasa asin. Hal tersebut terjadi karena perpaduan rasa yang pas di lidah antara sayuran dengan air putih dan soda dengan makanan asin.

Orangtua harus mendorong anak-anaknya untuk minum air pada saat makan karena fungsinya bukan hanya dapat menghilangkan dehidrasi semata, tetapi juga dapat membuat anak Anda lebih akrab dengan sayuran yang baik untuk tubuhnya.

Penelitian tersebut diterbitkan dalam jurnal Appetite, seperti dilansir dari sciencedirect, Rabu (30/5/2012).