Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Pilih Kasih, Bhabinkamtibmas Mantang Luangkan Waktu Cukur Rambut ODGJ
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 26-10-2020 | 17:52 WIB
cukur-rambut.jpg Honda-Batam
Brigadir Muhammad Kurniawan, Bhabinkamtibmas Mantang saat mencukur rambut seorang penderita gangguan jiwa. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Langkah kaki Brigadir Muhammad Kurniawan, anggota Polres Bintan, yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Mantang terhenti seketika, saat melihat Desrianto, warga Desa Mantang Besar, penderita gangguan jiwa atau ODGJ.

Tanpa sungkan, Kurniawan langsung bergegas menghampiri Destianto. Penampilan Desrianto sedikit berantakan, dengan rambut acak-acakan.

Setelah lama berinteraksi, akhirnya Kurniawan membawa Desrianto ke suatu tempat. Di sana Desrianto mulai ditata kembali oleh Kurniawan, mulai dengan memangkas rambut hingga merapikan penampilannya.

"Saya potong rambutnya, sudah panjang tak terurus gitu. Takutnya kalau gak dipotong, nanti bisa jadi sarang kutu," ujar Kurniawan, Senin (26/10/2020).

Menurut Kurniawan, Desrianto juga berhak mendapatkan perhatian. Sama dengan masyarakat lainnya, meskipun sedang menderita gangguan jiwa.

"Dia (Desrianto) juga manusia, sama kayak kita. Jadi saya pribadi gak ada pilih-pilih, yang penting kita berbuat saja, buat orang yang membutuhkan kita," sebut Kurniawan.

Diketahui, Desrianto sempat menjalani perawatan, tetapi kini harus dipulangkan kembali ke daerah asal. Hingga saat ini, Desrianto masih ketergantungan dengan obat, agar tidak kembali kumat dan bisa merasa lebih tenang.

Editor: Gokli