Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lukita Punya Jurus Jitu Dongkrak Ekonomi Batam Capai 7 Persen
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Selasa | 20-10-2020 | 14:21 WIB
A-LUKITA-PEMRED-BATAM.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Calon Wali Kota Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo (ketiga dari kanan) saat makan malam bersama dengan para pemimpin media di Kota Batam. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAY.COM, Batam - Calon Wali Kota Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo memiliki jurus jitu untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Batam tembus angka 7 persen. Meski saat ini iklim ekonomi dan investasi di Batam tengah terpuruk.

Demikian ungkap Lukita Dinarsyah Tuwo saat makan malam bersama dengan para pemimpin media di Batam, Senin (19/10/2020) malam.

"Saya tetap yakin angka pertumbuhan ekonomi Batam bisa menyentuh 7 persen. Tentu, itu dengan htiung-hitungan dan tahapan-tahapan yang kita susun," ujar Lukita yang malam itu didampingi Ketua Tim Pemenangan Lukita-Abdul Basith, Nuryanto.

Mantan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam itu menambahkan, untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi Batam yang saat ini sedang terpuruk, perlu strategi dan konsep yang mumpuni. Tidak bisa hanya dikerjakan dengan langkah dan konsep yang biasa-biasa saja.

"Memang tidak di tahun pertama, jika nanti saya diberi kepercayaan memimpin Batam. Karena di tahun pertama, kita harus lakukan recovery ekonomi terlebih dahulu setelah dihantam Covid-19, setelah itu baru bergerak," paparnya.

Bahkan, tambah Mantan Sesmenko Perekonomian itu lagi, sebagai komitemen jika target menembus angka 7 persen itu tidak terwujud, maka Lukita tidak mencalonkan lagi pada periode berikutnya.

"Ya ini komitmen karena janji harus ada konsekuensinya. Jangan hanya janji-janji. Artinya ini tantangan pemimpin dan harus kerja keras dengan program-programnya," tegas Lukita.

Lukita sendiri menyatakan hal itu terkait komitmennya yang pernah ia teken saat menerima tantangan Kadin Batam maupun Kepri dalam penjaringan bakal calon pemimpin Batam yang akan mereka dukung, beberapa bulan lalu.

Lukita tetap konsisten dengan targetnya, dan sebaliknya justru menyindir pihak Kadin Kota Batam yang tidak komit lagi dengan langkahnya saat itu.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Lukita-Abdul Basith, Nuryanto mengatakan, masyarakat Batam patut bersyukur jika nanti dipimpin oleh Lukita Dinarsyah Tuwo. Karena semua yang ada pada diri Lukita adalah asli, bukan polesan atau pun palsu.

"Pak Lukita ini adalah tokoh nasional dan semua yang ada pada dirinya adalah asli. Beliau kuliahnya asli," tegas Nuryato yang juga Ketua DPRD Kota Batam itu.

Sebagai Mantan Sesmenko Perekonomian, Lukita memang memiliki latar belakang dan rekam jejak yang transparan. Bahkan, rekam jejak pendidikan Lukita pun dapat dengan mudah ditelusuri di mesin pencari data, Google.

Lukita Dinarsyah Tuwo menempuh pendidikan sekolah dasar di SD Priangan Bandung. Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 2 Bandung. Di SMA Negeri 5 Bandung ia aktif di OSIS dan berkecimpung di Softball Club di Bandung.

Kemudian, melanjutkan kuliah di Fakultas Teknik Industri, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan berhasil lulus pada 1985. Selama kuliah di ITB, ia aktif di Perserikatan Bisbol dan Sofbol Amatir Seluruh Indonesia (Perbasasi) dan Paduan Suara ITB.

Meskipun berlatar teknik, Lukita menamatkan dua pendidikan pascasarjana di bidang ekonomi, yakni University of Chicago (1990) dan University of Canderbilt, Nashville, USA (1992). Sedangkan gelar PhD ekonominya dia raih dari University of Illionois, Urbana Champaign, USA pada 1998.

Editor: Dardani