Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Panitia Penyelenggara Tak Profesional

Peserta Tour de Singkep Banting Helm di Garis Finish
Oleh : Juhari/Dodo
Senin | 28-05-2012 | 11:21 WIB
tour_de_bintan.JPG Honda-Batam

Peserta Tour de Singkep berfoto bersama di lapangan merdeka Dabo.

LINGGA, batamtoday - Seorang peserta Tour de Singkep langsung membantingkan helm saat memasuki garis finish perlombaan di Lapangan Merdeka Dabo, Minggu (27/5/2012) kemarin.

Aksi banting helm itu dilakukan peserta di depan panitia dan pejabat yang menghadiri acara tersebut, karena peserta tersebut merasa kesal dengan sikap panitia yang tidak profesional lantaran rute sepanjang 45 kilometer yang ditempuh tidak ada panduan dari panitia.

"Mana panitia, mana panitia," ujar peserta tersebut dengan rasa marah dan lantas diredam oleh rekan-rekannya.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Harian KONI Lingga, Abdul Gani Atan Leman, berdalih segala persiapan untuk rute sepanjang perjalanan lomba tersebut sudah dipersiapkan dengan baik.

"Kami sudah menyiapkan pos-pos penjagaan untuk mengindari kemungkinan-kemungkinan, misalnya saja nyasar. Bahkan di daerah rawan dan banyak persimpangan sudah kami tandai dengan memasang arah yang terbuat dari kertas, petunjuk itu hilang karena faktor alam," dalih Gani.

Sementara itu, Syamsirwan, ketua pelaksana kegiatan dari Persatuan Sepeda Santai Singkep (PS3), saat dikonfirmasi terkait jumlah peserta yang ikut iven tersebut, dari dalam maupun mancanegara, mengatakan, belum bisa mendata sepenuhnya berapa jumlah peserta yang ikut.

"Kita hanya tahu jumlah pesertanya saja, yaitu sebanyak 211 orang, perinciannya berapa jumlah peserta putra dan putri, dari dalam dan mancanegara belum rampung," tegas Syamsirwan.

Dari hasil pantauan batamtoday, panitia penyelenggara tak tahu kepastian jumlah peserta, padahal sebagian peserta sudah masuk finish.