Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang EURO 2012, UEFA Amandemen Aturan Sepakbola
Oleh : Redaksi/UEFA/Mg
Senin | 28-05-2012 | 09:33 WIB
Uefa-president-Michel-Pla-001.jpg Honda-Batam

Presiden UEFA, Michel Platini. Foto:Guardian.uk

ZURICH, batamtoday - Menjelang perhelatan EURO 2012, Komite Eksekutif Federasi Sepakbola  Eropa (UEFA) mengumumkan perubahan aturan baru yang akan dijadikan acuan pertandingan.

 

Dikutip batamtoday dari situs resmi UEFA, Senin (28/5/2012), federasi yang menaungi timnas seluruh Eropa itu berharap dengan amandemen terbaru, pertandingan dapat lebih fair. Berikut sejumlah aturan yang diamandemen:

Aturan penentuan peringkat akhir putaran grup dan penundaan atau penghentian pertandingan diamandemen melalui peraturan Euro 2012 yang disetujui oleh Komite Eksekutif UEFA. 

Fokus amandemen pada ayat  8.07 menyangkut peringkat tim-tim yang memiliki poin sama di akhir putaran grup, serta ayat 10.08 dan 10.09 mengenai tindakan yang harus diambil jika terjadi penundaan pertandingan.

Untuk menghindari keraguan, dan untuk memastikan tim-tim yang memiliki nilai yang sama di akhir putaran grup, Komite Eksekutif UEFA memutuskan saat pertemuan di Istanbul pada 20 Maret 2012 untuk mengubah ayat  8.07 dari Peraturan Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2010-12 sebagai berikut , khususnya klausul baru yakni ayat d.

Jika dua tim atau lebih memiliki poin sama, peringkat ditentukan:

a) Poin tertinggi yang diperoleh dari pertandingan antara tim-tim tersebut;

b) Jumlah selisih gol tertinggi dari pertandingan atara tim-tim tersebut;

c) Jumlah gol tertinggi yang dicetak pada pertandingan  di antara tim-tim tersebut;

d) Jika, setelah diterapkan kriteria a) sampai c), dua tim tetap memiliki peringkat yang sama, kriteria a) sampai c) diterapkan kembali secara eksklusif untuk pertandingan antara kedua tim tersebut untuk menentukan peringkat terakhir dari kedua tim. Jika prosedur ini tidak menghasilkan keputusan, maka kriteria e) sampai i) dipakai dengan urutan sebagai berikut;

e) Jumlah selisih gol tertinggi dari semua pertandingan di grup;

f) Jumlah gol tertinggi yang dicetak dari semua pertandingan grup;

g) Posisi tim nasional pada peringkat koefisien UEFA;

h) Posisi fair play tim (di turnamen);

i) Posisi unggulan tim saat undian.

Penundaan Pertandingan

Saat pertemuan di Venezia pada 8 Desember 2011, Komite Eksekutif UEFA mengambil keputusan dalam kaitannya dengan penundaan ataua penghentian pertandingan saat turnamen. Ayat 10.08 peraturan Kejuaraan Sepak Bola Eropa 2010-12 diganti dengan kata-kata baru dan ayat 10.09 ditambahkan yakni:

Kata-kata pada ayat 10.08: "Jika wasit memutuskan untuk menunda atau menghentikan pertandingan, misalnya karena lapangan tidak layak untuk dipakai, pertandingan selanjutnya harus dimainkan pada hari berikutnya, kecuali kasus ditangani oleh Badan Disiplin dan Kontrol UEFA. Jika, karena alasan di luar kendali , pertandingan tidak dapat dialkukan pada hari berikutnya, UEFA yang akan mengambil keputusan akhir.

Untuk jadwal pertandingan yang akan dimainkan pada hari berikutnya, atau pada tanggal lain yang ditetapkan oleh UEFA, prinsip-prinsip yang berlaku adalah:

a) Pemain yang berhak tampil adalah 23 pemain yang terdaftar ketika pertandingan ditunda atau dihentikan, dengan pengecualian pemain telah diganti atau dikeluarkan dari lapangan saat pertandingan dihentikan. Para pemain telah dikleluarkan pada saat pertandingan dihentikan, tidak diizinkan untuk dimasukan ke dalam daftar pertandingan lanjutan;

b) Setiap sanksi yang dikenakan sebelum pertandingan dihentikan tetap berlaku untuk pertandingan lanjutan;

c) Pemain yang dikeluarkan dari lapangan saat pertandingan dihentikan tidak dapat diganti dan jumlah pemain dalam lineup tetap seperti saat pertandingan dihentikan;

d) Tim hanya dapat melalukan pergantian pemain sesuai ketika pertandingan itu dihentikan. 

Ayat Baru 10.09: Jika, karena berbagai alasan, pertandingan tidak bisa dimulai, maka pertandingan harus dilakukan secara penuh pada hari berikutnya atau pada tanggal lain yang ditetapkan oleh UEFA.

Semua amandemen tersebut berlaku pada Euro 2012 di Polandia dan Ukraina, 8 Juni - 1 Juli.