Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

150 TKA China Kembali Masuk ke PT BAI Bintan
Oleh : Syajarul Rusydy
Jumat | 02-10-2020 | 21:06 WIB
putih-putih.jpg Honda-Batam
Petugas kesehatan saat akan memeriksa kesehatan 150 TKA China yang baru tiba di Bandara RHF Tanjungpinang, Jumat (2/10/2020). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sebanyak 150 tenaga kerja asing (TKA) asal China kembali masuk ke PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Bintan.

150 TKA ini tiba di Bandara RHF Tanjungpinang pada Jumat (2/10/2020) siang. Mereka menggunakan maskapai Qingdao Airlines, yang terbang langsung dari China.

Kepala Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjungpinang, Agus Jamaluddin mengatakan, kedatangan 150 TKA ini dengan mamatuhi protokoler kesehatan, yang ditetapkan pemerintah. "TKA ini merupakan tindak lanjut dari yang sebelumnya. Jadi total keseluruhan sekitar 500 orang, di luar dari WNI," sebut Jamaludin.

Sementara Kadisnaker Bintan, Indra Hidayat mengatakan, TKA yang datang ini untuk menjadi ahli di PT BAI, sebagai penunjang percepatan pembangunan perusahaan tersebut, agar segera dapat beroprasi.

"TKA yang datang tadi, merupakan tenaga ahli yang akan dipekerjakan di PT BAI, dalam rangka percepatan pembangunan PT BAI yang rencana akan mulai beroperasi pada awal tahun 2021," kata Indra.

Indra juga belum bisa memastikan berapa banyak TKA asal China yang akan kembali masuk ke PT BAI, lantaran merupakan domain Pemprov Kepri. "Kita tak tahu bakal datang lagi apa tidak. Namun yang jelas harapan kita PT BAI segera beroprasi, dan menyerap tenaga kerja lokal," tutup Indra.

Editor: Gokli