Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

RSAL Tanjungpinang Punya Alat PCR, Isdianto: Pemeriksaan Swab di Kepri Kian Cepat
Oleh : Redaksi
Kamis | 30-07-2020 | 18:04 WIB
rsal-tpi-pcr.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepri, H Isdianto saat meninjau Laboratorium PCR RSAL Tanjungpinang, Rabu (29/7/2020). (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau, H Isdianto meninjau alat polymerase chain reaction (PCR) yang belum lama ini digunakan di Rumah Sakit Angkatan Laut Tanjungpinang.

"Alat PCR sangat membantu pemerintah dan masyarakat dalam mendeteksi pasien apakah tertular Covid-19 atau tidak. PCR di RSAL sangat membantu mempercepat proses pemeriksaan," kata Isdianto saat meninjau Laboraturium PCR RSAL Tanjungpinang, Rabu (29/7/2020), demikian dikutip laman resmi Diskominfo Kepri.

PCR merupakan metode pemeriksaan di laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit Covid-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus corona.

Selama ini, alat PCR yang digunakan hanya dari Batam dengan jumlah terbatas. Kondisi ini yang menyebabkan pemeriksaan swab terhadap pasien baru dapat diketahui sekitar sepekan karena harus antre.

"Kepri kekurangan PCR sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk memeriksa swab seseorang apakah tertular Covid-19 atau tidak. Dengan adanya PCR di RSAL, dapat mempercepat proses pemeriksaan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Isdianto juga menyaksikan serah terima bantuan alat Streamline Swab Booth (SSB) Kepada RSAL. "Alat untuk mengambil swab produk anak bangsa itu tentu sangat membantu," katanya.

Editor: Gokli