Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KM Kelud Dikabarkan Bakal Naik Turunkan Penumpang di Karimun
Oleh : Freddy
Selasa | 28-07-2020 | 19:53 WIB
rahmadi-karimun-kelud.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rahmadi. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kapal milik PT Pelni, KM Kelud dikabarkan akan kembali masuk ke Karimun. Kabar baik ini perlu diwaspadai, karena penumpang yang diturunkan di Karimun berasal dari Jakarta dan Belawan yang merupakan daerah zona merah.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karimun, Rahmadi mengatakan, jika benar KM Kelud akan masuk lagi ke Karimun, mau tak mau petugas di pelabuhan nantinya akan memberikan informasi kepada kami.

Ia menjelaskan, sekarang ini tidak ada lagi yang istilah karantina perjalanan seperti yang pernah dilakukan beberapa bulan lalu. Setiap penumpang kapal yang berasal dari Zona Merah akan di karantina beberapa hari di SMPN 2 Tebing.

Menurutnya, bagi penumpang KM Kelud maupun kapal penumpang lainnya yang berasal dari luar daerah maupun akan pergi keluar daerah pasti sudah ditangani oleh petugas yang ada di pelabuhan sebagai ujung tombak dan pastinya akan dilakukan pemantauan.

"Jika nantinya ada penumpang kapal yang turun di Karimun, memiliki tanda-tanda ke arah Covid-19, tentunya akan dilakukan isolasi baik secara mandiri atau dilakukan proses rawat," tegasnya.

Rahmadi mengatakan sekarang ini untuk proses rawat di rumah sakit hanya diperuntukkan bagi yang suspec menegah sampai suspec berat. Jika yang ringan bisa dilakukan isolasi secara mandiri di rumah atau isolasi di Puskesmas Meral Barat.

Ketika ditanya terkait adanya kabar yang menyebutkan seorang perwira kepolisian di jajaran Polres Karimun positif Covid-19, Rahmadi mengatakan, pasien tersebut tidak dirawat di rumah sakit yang ada di Kabupaten Karimun. "Tentunya belum bisa menjelaskan tetapi hal tersebut bisa ditanyakan langsung kepada Kapolres," tutupnya.

Editor: Gokli