Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Seluruh Pasien Covid-19 di Kepri Bakal Dirawat di RSKI Galang
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 22-07-2020 | 11:16 WIB
tjetjep12.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri, Tjetjep Yudiana. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Provinsi Kepri melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri merencanakan rumah sakit umum daerah di Kepri tidak lagi merawat pasien Covid-19. Kedepan, seluruh pasien akan dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang.

Hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri, Tjetjep Yudiana saat berada di rumah sakit Graha Hermine, Kelurahan Bulian, Kecamatan Batuaji, pada Selasa (21/7/2020) kemarin.

"Tadi (kemarin-red) kita sudah rapat dengan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang, ke depan Rumah Sakit umum Daerah di Kepri tidak lagi merawat pasien Covid-19. Semua akan kita optimalkan di RSKI Galang," ujar Tjetjep.

Meskipun demikian, Tjetjep mengakui masih ada kebutuhan yang harus di penuhi di RSKI agar wancana itu, betul-betul bisa terhujud. Kendala saat ini di RSKI, adalah belum ada dukungan dari para dokter spesialis di rumah sakit khusus infeksi.

"Di sana belum ada memiliki dokter spesialis paru, anak atau dokter khusus yang menangani ibu hamil. Ini betul-betul harus terpenuhi, sehingga wacana meniadakan perawatan di RS lain (umum) dapat kita penuhi," tegasnya.

Kebijakan itu guna menimalisir adanya penularan covid-19 di rumah sakit umum di Kepri. Dan para medis juga bisa berkonsentrasi dengan pelayanan-pelayanan yang lain.

"Dari Kabupaten lain di Kepri kalau ditemukan reaktif atau ditemukan ada indikasi langsung kita bawa ke Galang. Tidak ada lagi yang dibawa ke rumah sakit umum," tegas Tjetjep.

"Secepatnya akan kita mulai. Saat ini RSKI merawat 26 pasien, 1 pasien RS Embung Fatimah dan yang lain sudah kosong. Total pasien Covid-19 di Kepri sebanyak 345 yang sembuh 302 orang," katanya.

Tjetjep menambahkan ada tiga kabupaten di Kepri yang sudah masuk zona hijau, Natuna, Anambas dan Lingga. Sementara untuk zona kuning Karimun, Bintan dan Tanjungpinang.

"Mudah-mudahan tidak lama lagi Batam kembali masuk zona kuning. Sudah tiga hari ini tidak ada penambahan pasien Covid-19, mudah-mudahan Kepri akan semakin baik," harapnya.

Editor: Yudha