Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Kepri Pastikan Proses Pemuktahiran Data Pemilih Sesuai Protokol Kesehatan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 18-07-2020 | 17:52 WIB
priyo-kodiv-DI.jpg Honda-Batam
Komisioner/Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Kepri, Priyo Handoko. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri memastikan pelaksanaan Pemutakhiran Data Pemilih pada Pilkada Serentak 9 Desember mendatang dilakukan sesuai aturan dan tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19.

"Mulai Rabu hingga 13 Agustus 2020 akan dilaksanakan tahapan Pemutakhiran Data Pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih ke rumah-rumah warga," ungkap Komisioner KPU Kepri, Priyo Handoko di Tanjungpinang, belum lama ini, demikian dilansir laman resmi Diskominfo Kepri.

Lanjut Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Kepri ini, nantinya pada tahapan Pemutakhiran Data Pemilih ini akan dilakukan pemutakhiran dan pendaftaran pemilih yang akan mengikuti dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau, serta pemilihan Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota untuk enam kabupaten/kota di Kepri.

"Pemutakhiran Data Pemilih atau Proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) pemilih akan langsung dilakukan petugas langsung ke rumah-rumah warga," lanjut Priyo.

Namun, sambung Priyo, masyarakat jangan khawatir karena nantinya proses pemutakhiran data pemilih tersebut akan dilakukan oleh petugas dengan tetap mengutamakan dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. "Selama bertamu ke rumah-rumah warga, PPDP juga menjalankan protokol pencegahan penularan Covid-19. Memakai masker, pelindung wajah, sarung tangan sekali pakai dan rutin menggunakan hand sanitizer," jelasnya.

Serta lanjut Priyo, PPDP juga akan terus menjaga jarak fisik, bahkan menghindari kontak fisik seperti Sehingga masyarakat hanya cukup menyiapkan KTP Elektronik dan kartu keluarga (KK).

Priyo melanjutkan sebelum turun ke masyarakat, PPDP juga sudah berkoordinasi dengan Ketua atau pengurus RT/RW.

"Setelah itu, petugas akan turun ke rumah-rumah warga dengan mengenakan atribut seperti topi dan ban lengan berwarna Oranye," jelas Priyo.

Selama proses pemutakhiran data pemilih ini, Priyo menuturkan nantinya petugas akan memastikan semua warga yang memiliki hak pilih di RT tersebut masuk dalam daftar pemilih dan penulisan datanya sudah benar.

"Sehingga nantinya seluruh masyarakat di Provinsi Kepri terdata sebagai pemilih pada pelaksanaan Pilkada Kepri serentak 9 Desember mendatang," tambah Priyo.

Untuk itu, Priyo mohon agar masyarakat dapat terus mendukung dan memberikan kemudahan pada pelaksanaan Pemutakhiran Data Pemilih oleh PPDP ini di lapangan.

Editor: Gokli