Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kabar Gembira, 4 Pasien Positif Covid-19 di Batam Sembuh
Oleh : Paskalis Rianghepat
Sabtu | 11-07-2020 | 09:40 WIB
corona-kedua-btm2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Walikota Batam, Muhammad Rudi. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pasien positif Covid-19 di Kota Batam yang berhasil sembuh semakin meningkat dan terhitung sudah mencapai 217 orang dari total 252 pasien positif.

Kabar baik ini disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 Batam, Muhammad Rudi melalui siaran pers yang diterima BATAMTODAY.COM Jumat (10/7/2020) kemarin.

"Hari ini, (Jumat kemarin) ada penambahan 4 orang pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh dan sudah diperbolehkan pulang ke rumahnya masing-masing," kata Rudi.

Menurut Rudi, 4 pasien ini dinyatakan sembuh setelah hasil dua kali swab test dinyatakan negatif. Pasien yang sembuh, sebutnya, terdiri dari orang laki-laki.

"Dengan penambahan ini, total pasien yang sembuh dari Covid-19 sebanyak 217 orang dari 252 pasien positif. Ini merupakan trend positif, karena dengan kesembuhan ini, jumlah pasien positif Covid-di Batam tinggal 23 orang yang masih dirawat, sementara 12 lainnya telah meninggal dunia," ujarnya.

Masih kata Rudi, pasien pertama yang dinyatakan sembuh adalah seorang laki-laki berinisial RS merupakan kasus 194, berumur 20 tahun, mahasiswa, beralamat di Kavling Senjulung, Nongsa.

"Pasien kedua yang dinyatakan sembuh merupakan Karyawan PT.FCS yang beralamat di Kavling Senjulung. Ia adalah pasien positif Covid-19 nomor 229. Sementara pasien ketiga yang sembuh yakni, pasien positif kasus 235, berinisial BS, beralamat di Kampung Agas, Sei Harapan, Sekupang," tambahnya.

Selanjutnya, pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh adalah kasus nomor 243. Pasien ini, kata Rudi, merupakan seorang pelajar berinisial RKA, perempuan berumur 11 tahun, beralamat di Kampung Belimbing Bengkong.

Dengan demikian, berdasarkan catatan penanganan perawatan dan hasil laboratorium swab yang disampaikan oleh Laboratorium BTKLPP Batam tersebut, maka oleh Tim Medis yang menangani menyatakan para pasien tersebut telah sembuh dari Covid-19 dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

"Saat ini kondisi semua pasien dalam keadaan sehat dan stabil serta dalam persiapan untuk kembali ketempat tinggalnya guna melaksanakan self isolatian atau karantina mandiri dirumahnya selama 14 hari," terangnya.

Selain menyampaikan kabar gembira tentang kesembuhan pasien positif Covid-19, disaat yang sama, Walikota Batam Muhammad Rudi juga menyampaikan bahwa ada penambahan satu orang warga Batam yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Walau 4 pasien positif Covid-19 sudah dinyatakan sembuh, namun hari ini juga ada seorang warga Batam kembali terkonfirmasi positif Covid-19," timpalnya.

Warga Batam yang positif Corona, lanjutnya, adalah JH, seorang warga perumahan Pasir Mantang, Kelurahan Tanjung Sengkuang, Kecamatan Batuampar. Ia merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 252 di Kota Batam.

"Setelah dinyatakan positif, yang bersangkutan sekarang sudah di evakuasi ke RSKI Covid-19 Galang untuk melaksanakan karantina atau isolasi dirumah sakit tersebut," tandasnya.

Editor: Yudha