Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jenazah WNI ABK Kapal Lu Huang Yuan Yu 117 Disimpan di Mesin Pendingin
Oleh : Putra Gema
Rabu | 08-07-2020 | 17:04 WIB
evakuasi-abk-wni.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Proses evakuasi jenazah ABK WNI dari Kapal Lu Huang Yuan Yu 117, berbendera China. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Meninggal di atas kapal China, jenazah ABK WNI di kapal Lu Huang Yuan Yu 117 disimpan di dalam mesin pendingin kapal.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama (P) Indarto Budiarto mengatakan, dua kapal ikan China Lu Huang Yuan Yu 118 dan Lu Huang Yuan Yu 117 diamankan oleh KRO Mubara 868.

Dijelaskannya, penindakan ini dilakukan setelah adanya informasi dari pihak keluarga korban bahwa ABK kapal Lu Huang Yuan Yu 117 atas nama Hasan Apriadi telah meninggal dunia. "Kami amankan tadi siang di Perairan Nipa dengan semua unsur tim gabungan," kata Indarto, Rabu (8/7/2020).

Prerwira bintang satu ini mengungkapkan, ketika berhasil diamankan, jenazah Hasan Apriadi ditemukan di dalam mesin pendingin kapal Lu Huang Yuan Yu 117.

"Dugaan sementara adalah penyiksaan. Dari keterangan sementara, yang bersangkutan telah meninggal sejak 29 Juni 2020 dan ditemukan terbaring di mesin pendingin kapal dengan kondisi berbusana lengkap serta ditutupi kain," ujarnya.

Belum diketahui secara pasti luka seperti apa yang menjadi penyebab meninggalnya WNI asal Lampung ini. Hingga saat ini, pihak dari Bidokes Polda Kepri sedang melakukan evakuasi jenazah dari atas kapal.

Hingga berita ini ditebitkan, kapal ikan China Lu Huang Yuan Yu 118 dan Lu Huang Yuan Yu 117 telah bersandar di Dermaga Mako Lanal Batam.

Editor: Gokli