Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Unjuk Rasa di Kejari Batam, HIMIT Desak Usut Tuntas Dugaan Korupsi Dana Sembako Covid-19
Oleh : Paskalis RH
Senin | 06-07-2020 | 15:36 WIB
mahassiswa.jpg Honda-Batam
Puluhan mahasiswa HIMIT aksi damai ke Kejari Batam. (Paskalis)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Indonesia Timur (HIMIT) Batam melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam, Senin (6/7/2020).

Pantauan di lapangan, aksi yang digelar di depan gedung DPRD Kota Batam berlangsung dari pukul 09.00 Wib. Dalam aksi tersebut, massa membawa berbagai atribut dan spanduk sebagai salah satu bentuk penyampaian aspirasi ke pihak Kejaksaan.

Menurut Koordinator Aksi, Marselinus, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam HIMIT Batam mendorong pihak Kejari Batam agar segera menuntaskan berbagai dugaan kasus korupsi yang sedang ditanganinya.

Dalam orasinya, Marselinus mengatakan, Kejaksaan sebagai salah satu institusi penegak hukum jangan tebang pilih dalam menyelesaikan perkara korupsi atau perkara lain.

"Kejaksaan harus mampu menjalankan peran dan fungsinya sebagai lembaga penegak hukum. Jangan sampai tebang pilih dalam penyelesaian perkara dan bebas dari intervensi," kata Marselinus.

Setelah selesai berorasi untuk menyampaikan aspirasinya, himpunan mahasiswa ini kemudian melakukan pernyataan sikap mendesak pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam untuk segera mengusut tuntas kasus dugaan korupsi dana bantuan sembako pandemi Covid-19.

Selain itu, kata Marselinus, Himpunan Mahasiswa Indonesia Timur (HIMIT) Batam Juga meminta agar pihak Kejari Batam lebih transparan dalam proses penyelidikan dan penyidikan kasus dugaan korupsi anggaran dana sembako tersebut.

Usai berorasi dan menyatakan pernyataan sikap, puluhan mahasiswa ini kemudian diterima pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam untuk berdialog.

Dalam dialog tersebut, pihak Kejari Batam melalui Jaksa Fungsional Bidang Intelejen, Samuel Pangaribuan merespons positif aspirasi yang disuarakan mahasiswa.

"Saya apresiasi dan mengucapkan terima kasih. Semua tuntutan dari mahasiswa akan disampaikan keatasan untuk segera ditindaklanjuti," pungkasnya.

Editor: Chandra