Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bertambah 5, Total Pasien Positif Covid-19 di Batam Jadi 234 Orang
Oleh : Paskalis RH
Kamis | 02-07-2020 | 20:04 WIB
rudi-nambah-5.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lima orang warga Batam kembali terkonfirmasi positif Covid-19. Kelima pasien itu terdiri dari 2 orang laki-laki dan 3 orang perempuan.

Penambahan pasien positif ini disampaikan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi melalui keterangan tertulisnya, Kamis (2/7/2020) sore. "Hari ini ada 5 orang warga Batam kembali terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan penambahan ini, total pasien positif Covid-19 Batam menjadi 234 orang," kata Rudi.

Pasien pertama dinyatakan positif, kata dia, adalah RMR berusia 22 tahun. Bekerja sebagai tenaga kesehatan kefarmasian pada RSIA di Kawasan Batam Centre, bertempat tinggal di Kawasan Perumahan Komplek Aku Tahu 2, Kelurahan Sungai Panas, Kecamatan Batam Kota. Ia menjadi kasus baru Covid- 19 nomor 230 Kota Batam.

"Pasien ini diketahui positif Covid-19 setelah melakukan pemeriksaan RDT secara mandiri untuk persyaratan penerbangan ke Medan. Dari hasil RDT, dia dinyatakan reaktif corona, dan pada hari ini dinyatakan positif setelah mengikuti pemeriksaan swab tenggorokan di salah satu rumah sakit di Batam," paparnya.

Selanjutanya, pasien positif kedua dan ketiga adalah W berusia 34 tahun dan anaknya yang masih bayi MRF berusia 04 tahun, beralamat di Perumahan Kampung Belimbing, Kelurahan Sadai, Kecamatan Bengkong. Mereka diketahui positif Covid-19 setelah melakukan RDT secara mandiri di Rumkitban Kodim Batam bersama ibunya untuk memenuhi persyaratan penerbangan ke Bengkulu.

"Dari hasil RDT, keduanya ternyata reaktif Covid-19, sehingga dilanjutkan pemeriksaan swab tenggorokan di RS Awal Bros yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi positif nomor 231 dan nomor 232 di Kota Batam," tuturnya.

Kemudian pasien keempat, yakni H berusia 35 tahun, karyawan Perusahaan Plastik di Kawasan Kabil, beralamat di Perumahan Cipta Land, Kelurahan Tiban Indah, Kecamatan Sekupang. Ia tertular virus corona atau Covid-19 dari rekan kerjanya yang lebih dahulu terkonfirmasi positif nomor 204 dari Cluster PT FCS Kabil.

"Setelah dinyatakan positi Covid-19, yang bersangkutan ditetapkan sebagai kasus baru Covid-19 nomor 233 di Kota Batam," tambah Rudi.

Sementara pasien kelima adalah BSK berusia 45 tahun, Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di kawasan Perumahan Kavling Senjulung, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa.

"Pasien ini tertular dari dua orang anak kandungnya yang lebih dahulu terkonfirmasi positif Covid-19 nomor 215 dan 229 yang berkaitan erat dengan terkonfirmasi positif nomor 204 yang merupakan kasus pertama dari Cluster PT FCS Kabil," urainya.

Meski sudah dinyatakan positif Covid-19, kondisi para pasien sejauh ini dalam keadaan stabil sedang menjalani masa perawatan isolasi atau karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang, Kota Batam.

Editor: Gokli