Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pesan Jokowi di HUT Bhayangkara, Keselamatan Rakyat yang Utama
Oleh : Redaksi
Rabu | 01-07-2020 | 10:12 WIB
presiden-jokowi111512.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Presiden Joko Widodo.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta dengan tegas agar Polri mengutamakan keselamatan rakyat dalam melakukan penindakan hukum. Tindakan persuasif dan humanis harus diutamakan.

Jokowi menyampaikan itu saat menjadi Inspektur Upacara di hari peringatan HUT Bhayangkara di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

"Perlu saya tegaskan keselamatan rakyat adalah yang utama, keselamatan rakyat hak tertinggi, lakukan secara persuasif dan humanis," kata Jokowi.

Arahan Jokowi itu bukan berarti meminta Polri menjadi lebih lunak. Polri tetap harus tegas. Pula, menjaga profesionalitas sebagai penegak hukum yang mengutamakan keselamatan rakyat.

"Tetap waspada cepat tanggap dan tegas dalam menangani pelanggaran hukum dengan menjaga profesional dan menjaga kepercayaan rakyat," katanya.

Di kesempatan yang sama, Jokowi meminta Polri ikut serta secara aktif upaya-upaya penanggulangan virus corona (Covid-19) serta dampaknya yang dilakukan pemerintah.

Jajaran kepolisian dari tingkat Mabes Polri hingga Polsek mesti turut memberikan bimbingan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Pula, mengawasi penggunaan anggaran penanggulangan Covid-19.