Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepri Miliki 10 Kampung Tangguh Nusantara Lawan Covid-19
Oleh : Hadli
Jumat | 26-06-2020 | 18:52 WIB
k-p-n-kepri.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Plt Gubernur Provinsi Kepri H Isdianto, Danrem 033/WP, Wakapolda Kepri, Ketua DPRD Provinsi Kepri, Pejabat utama Polda Kepri, Dandim pada saat mengecek kesiapan Kampung Tangguh Nusantara di Perumahan Marbela Batam Center. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polda Kepri membentuk 'Kampung Tangguh Nusantara'. Pencanangan Kampung Tangguh Nusantara ini bertujuan agar masyarakat dan aparat dapat bersatu melawan Covid-19 dan dampak yang terjadi.

Pencanangan Kampung Tangguh yang digelar di Perumahan Marbela, Batam Center, Jumat (26/6/2020), dihadiri Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Plt Gubernur Provinsi Kepri H. Isdianto, Danrem 033/WP, Wakapolda Kepri, Ketua DPRD Kepri, pejabat utama Polda Kepri, Dandim Batam.

Kapolda Kepri mengatakan, saat ini telah terbentuk sebanyak 10 lokasi Kampung Tangguh Nusantara di wilayah Provinsi Kepri, di antaranya 4 lokasi ada di Kota Batam, lainnya berada di Tanjungpinang, Bintan, Karimun, Lingga, Natuna dan Anambas.

"Kampung Tangguh Nusantara ini terbentuk dengan memenuhi empat kriteria, antara lain tangguh kesehatan jasmani dan rohani, tangguh sosial ekonomi dan kemasyarakatan, tangguh keamanan dan ketertiban serta tangguh informasi dan kreativitas," kata Kapolda.

Irjen Aris menambahkan, Polda Kepri akan bekerjasama dengan Gubernur Provinsi Kepri selaku Ketua Gugus Tugas Daerah, Danrem 033/WP dan stakeholder terkait lainnya untuk mengupayakan pembentukkan kampung tangguh ini sebanyak-banyaknya di wilayah Provinsi Kepri.

"Hingga nanti hilangnya Covid-19, itulah harapan kita bersama dan insiatif masyarakat dalam pembentukan Kampung Tangguh dan Pondok Sehat akan terus kita dukung dan fasilitasi," tutur Kapolda Kepri.

Plt Gubernur Kepri H. Isdianto menuturkan, dengan pembentukan Kampung Tangguh Nusantara ini tentu harapan bersama di Provinsi Kepri, khususnya di Kota Batam, segera menjadi zona hijau Covid-19.

"Jika hal ini diikuti oleh daerah-daerah lainnya yakin dan percaya zona hijau yang diharapkan tentunya akan terwujud, hal ini nanti akan disampaikan kepada wali kota dan bupati untuk mendorong masyarakat membentuk kampung-kampung tangguh lainnya," tutur Isdianto.

Terbentuknya 10 Kampung Tangguh Nusantara diharapkan masyarakat dapat mempunyai kemampuan dan kemandirian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di lingkungannya sendiri.

Kampung Tangguh Nusantara tersedia Posko pengaduan, pondok sehat tempat warga beristirahat yang baru tiba dari luar Kepri dan persedian alat desinfektan serta tersedia bilih bersih. Kampung Tangguh Nusantara ini terbentuk tidak terlepas dari binaan Ditbinmas Polda Kepri.

Editor: Gokli