Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Natuna Tinjau Persiapan Pemekaran Kecamatan Pulau Panjang
Oleh : Kalit
Rabu | 24-06-2020 | 10:12 WIB
hamid1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Bupati Natuna, Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Pemekaran wilayah merupakan upaya strategis untuk percepatan pembangunan dengan upaya mempersingkat rentang kendali serta pemerataan kesejahteraan.

Untuk itu, pemerintah Kabupaten Natuna selalu berupaya mengakomodir aspirasi masyarakat, terutama terkait pemekaran daerah menjadi kecamatan. Tentunya harus dilatarbelakangi dengan ketentuan yang sesuai dengan karakteristik, dan kondisi-kondisi tertentu, sebagaimana dengan wacana pemekaran Desa Pulau Panjang dan Kerdau menjadi sebuah kecamatan baru.

Hal itu disampaikan Bupati Natuna, Drs H. Abdul Hamid Rizal MSi dalam sambutannya saat menggelar pertemuan dengan masyarakat Desa Kerdau dan Pulau Panjang, bertempat di Gedung Pertemuan Masyarakat Desa Pulau Panjang, Sabtu (20/6/2020) siang.

"Pemerintah daerah telah mengusulkan dua kecamatan baru, yakni Kecamatan Seluan (bagian dari Kecamatan Bunguran Utara) dan Kecamatan Pulau Panjang (bagian dari Kecamatan Subi)," ujar Bupati Natuna.

Kedua kecamatan yang diajukan tersebut sudah mendapatkan persetujuan dari Gubernur Kepulauan Riau, dan saat ini sedang menunggu proses penomoran dari pihak Kemendagri.

Dengan adanya rencana pemekaran kecamatan tersebut, Hamid mengharapkan adanya dukungan dari masyarakat setempat, terutama terkait penyediaan lahan pembangunan fasilitas dan infrastruktur, seperti jalan yang awalnya lebar 3 meter harus ditingkatkan menjadi 5 meter.

"Pelebaran jalan beton bertulang selebar 5 meter tersebut akan menjadi prioritas untuk direalisasikan pada APBD Kabupaten Natuna Tahun 2021 mendatang," terang Hamid Rizal.

Selain itu, Hamid Juga menambahkan,lahan gedung kantor pemerintahan dan pelayanan, seperti Gedung Kantor Camat, Pelabuhan dan Puskesmas yang harus terbangun di daerah tingkat kecamatan. Hal ini tentu membutuhkan perhatian, kepedulian serta dukungan dari masyarakat.

Dalam menyambut penerapan tatanan kehidupan baru (New Normal) Hamid Rizal berharap kepada masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan, terlebih lagi saat berinteraksi dengan orang yang baru datang dari luar daerah dengan kategori zona merah Covid-19.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Natuna menyerahkan bantuan berupa masker kepada masyarakat, sembako (beras) yang bersumber dari Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) kepada 9 KK dari desa Kerdau dan 22 KK dari Desa Pulau Panjang dengan Kategori Kerawan pangan kronis dan stunting.

Turut hadir dalam agenda Kunjungan Kerja tersebut diantaranya Ketua Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Natuna dan beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah.

Editor: Yudha