Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pilot Pesawat Tempur Diselamatkan Warga, Eti: Dia Berteriak Minta Tolong
Oleh : Redaksi
Senin | 15-06-2020 | 15:52 WIB
jet-tempur-jatuh11.jpg Honda-Batam
Jet tempur TNI jatuh di Kabupaten Kampar Riau. (Foto: tribunnews.com

BATAMTODAY.COM, Riau - Eti Marni, warga perumahan Mutiara, Desa Pandau, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, tak akan pernah melupakan kejadian hari ini.

Suara dentuman keras Pesawat Tempur Hawk 209 TT milik TNI Angkatan Udara jatuh menimpa rumah tetangganya. Setelah pesawat jatuh, terbakar hebat.

Eti mengatakan tak lama pesawat jatuh, dia melihat seseorang melayang di udara menggunakan parasut. Seseorang itu ternyata pilot pesawat naas.

"Dia sempat berteriak minta tolong kepada kami. Suami saya dan warga lainnya langsung berusaha membantu pilot itu," kata dia.

Eti Marni menceritakan sebelum kejadian itu dirinya mendengar suara pesawat terbang rendah. Tak berselang lama, suara ledakan begitu keras hingga mengejutkan dirinya yang saat itu tengah masak di dapur.

Saat berada di luar rumah, dirinya melihat seseorang dengan mengenakan parasut masih berada di atas udara, dan mendarat tak jauh dari kediamannya, sekitar 100 meter dari rumahnya.

"Suami saya tadi membantu membuka helm pilot. Wajah dia terlihat sangat pucat. Tak berapa lama anggota TNI datang dan membantu pilot itu," ujarnya.

Pilot Pesawat Tempur Hawk Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin yang jatuh di pemukiman warga di Kubang, Kecamatan Siak Hulu, ditemukan selamat.

"Alhamdulillah pilot selamat. Sekarang dirawat di rumah sakit Lanud Roesmin Nurjadin," kata Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Sus M. Zukri.

Zukri mengatakan pesawat tersebut hanya diterbangkan oleh seorang pilot.

Sejumlah warga mengatakan pilot mendarat sekitar 30 meter dari lokasi jatuhnya pesawat.

Sumber: akurat.co
Editor: Chandra