Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Panduan Resmi Bercinta di Masa Pandemi Covid-19
Oleh : Redaksi
Minggu | 14-06-2020 | 13:04 WIB
bercitan2b.jpg Honda-Batam
Ilustrasi bercinta (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Departemen Kesehatan New York City mengeluarkan panduan bercinta di masa pandemi virus Corona.

Pedoman terbaru berjudul 'Safe Sex and Covid-19' yang dirilis secara resmi menyebutkan bahwa pasangan masih bisa berhubungan seks dengan aman asalkan mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan.

"Kita masih perlu mempelajari lebih banyak tentang Covid-19 dan seks. Virus telah ditemukan dalam cairan semen dan feces orang yang positif Covid-19. (Tapi) kita tidak tahu apakah Covid-19 bisa menular lewat seks vaginal dan anal," tulis mereka dalam tiga halaman pedoman bercinta yang dirilis www1.nyc.gov.

"Kita tahu bahwa virus Corona jenis lainnya tidak mudah menular lewat hubungan seks. Ini artinya seks bukanlah cara umum penularan Covid-19," lanjut panduan tersebut.

Lantas bagaimana cara aman bercinta yang disarankan agensi pemerintah di negara bagian yang sempat paling parah terkena serangan virus Corona ini?

Dalam pedoman tertulis, disebutkan bahwa berciuman bisa membuat seseorang tertular virus dengan cepat. Sebab sudah terbukti bahwa penyakit menyebar melalui droplet dari saliva, mucus atau napas orang yang terinfeksi Covid-19. Bahkan jika orang tersebut tak mengalami gejala.

Maka disarankan untuk menghindari berciuman jika kamu tidak yakin suami atau istri kamu bebas virus. Kenali gejala-gejala sakit Covid-19 dan sebaiknya tunda bercinta jika salah satu pasangan demam, pilek, atau batuk.

"Pakai masker penutup wajah. Mungkin ada yang setuju, ada yang tidak, tapi selama pandemi Covid-19 memakai masker yang menutupi hidung dan mulut adalah cara yang baik untuk menambah lapisan pengamanan saat bercinta," jelasnya.

Panduan juga menyebutkan bahwa napas yang berat dan terengah-engah saat bercinta bisa menyebarkan virus lebih jauh lewat aerosol di udara.

Maka jika pasangan bercinta ternyata OTG (orang tanpa gejala), penggunaan masker bisa membantu meminimalisir risiko penularan.

Selain itu pasangan disarankan untuk lebih kreatif dalam aktivitas seks. Pandemi virus Corona mendorong pasangan suami istri untuk memikirkan beberapa alternatif posisi bercinta yang tak perlu melibatkan wajah saling berhadapan tapi tetap dapat menikmati seks.

"Buatlah (aktivitas seks) sedikit tak biasa (kinky). Kreatif dengan posisi seks dan pembatas fisik, seperti dinding, yang memungkinkan kontak seksual sekaligus mencegah kontak jarak dekat antar wajah," tulisnya.

Sementara itu panduan bercinta Washington, DC, menyebutkan agar pasangan sebaiknya hanya bercinta jika keduanya dalam kondisi fisik sehat dan selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencucinya selama 20 detik menggunakan air dan sabun.

San Francisco pun menyarankan agar warganya setia pada pasangan masing-masing. Tidak 'jajan' di luar untuk mengurangi risiko paparan virus Corona.

Sebelumnya, sejumlah ilmuwan dari Harvard University merilis hasil studi tentang cara paling aman berhubungan seks di tengah pandemi agar terhindar dari penularan COVID-19.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine ini memberikan beberapa alternatif cara aman berhubungan seks, salah satunya memakai masker.

Mereka juga merekomendasikan pasangan untuk mandi sebelum dan setelah bercinta. Selain itu juga membersihkan area yang dijadikan tempat untuk bercinta dengan cairan desinfektan dan tisu berakhohol.

Sumber: detikcom

Editor: Surya