Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasien Positif Covid-19 di Batam Bertambah 1 Kasus dari Klaster HOG
Oleh : Irwan
Minggu | 07-06-2020 | 18:32 WIB
walikota-batam-positif-1.jpg Honda-Batam
Walikota Batam Rudi (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam mencatat ada tambahan satu pasien baru kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Batam.

Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam, berdasarkan hasil tracing closes contact yang terus berlangsung dari klaster HOG Eden Park Kota Batam.

"Seorang anak perempuan berinisial AAP, usia 5 tahun, belum sekolah merupakan kasus baru Covid-19 nomor 158 Kota Batam," Wali Kota Batam yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19, Muhammad Rudi, di Batam, Minggu (7/6/2020).

Pasien 158 ini merupakan anak kandung dari terkonfirmasi positif 134 dan juga adik kandung dari terkonfirmasi positif 140, yang tinggal di Perumahan Kavling Senjulung, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa.

Pasien tersebut merupakan pengembangan penyelidikan epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap klaster HOG Eden Park 49 dan 82.

Pada 28 Mei 2020, yang bersangkutan bersama keluarganya melakukan pemeriksaan RDT dengan hasil non reaktif.

Kemudian yang bersangkutan dilakukan pengambilan swab tenggorokan pada keesokan harinya, 29 Mei 2020. Hasilnya diketahui pada 1 Juni 2020 dengan hasil terkonfirmasi negatif.

Selanjutnya, pada 3 Juni 2020, kembali dilakukan pengambilan swab tenggorakan di RSAB. "Hasilnya diperoleh pada hari ini dengan terkonfirmasi positif," kata Rudi.

Perlu diketahui, bahwa yang bersangkutan sudah terlebih dahulu dilakukan perawatan di ruang isolasi RSELB sebagai pasien dengan riwayat closes contact dengan ibu dan saudaranya yang terlebih dahulu terkonfirmasi positif.

"Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti," katanya.

Sesuai dengan hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan oleh Tim Surveillance Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam terhadap seluruh cluster, dapat disimpulkan bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster tersebut ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan imbauan dari pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus Covid-19.

Selanjutnya diingatkan dan diimbau kepada seluruh masyarakat untuk kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Tetap di rumah saja dan mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup.

Editor: Surya