Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Emas Meroket, Warga Beralih ke Perak
Oleh : Ali/Dodo
Sabtu | 12-05-2012 | 12:05 WIB

BATAM, batamtoday - Meroketnya harga emas di pasaran saat ini membuat masyarakat beralih menggunakan perhiasan jenis perak. 

Harga perhiasan perak saat ini hanya berkisar antara Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per gramnya. Harga ini juga dinilai dari segi motif dan berat total dari satu jenis perhiasan.

"Harganya bervariasi, bahkan kalau semakin berat harga per gramnya semakin murah. Tergantung modelnya seperti apa dulu," kata Anita, pedagang perhiasan perak di Plaza Botania, Sabtu (12/05/2012).

Sementara, di Plaza Botania ini untuk harga perhiasan emas berkadar 22 karat mencapai Rp400 ribu per gram. Untuk emas 23 karat mencapai Rp480 ribu per gram sedangkan harga emas 24 karat mencapai Rp500 ribu. Harga ini sangat jauh berbeda dengan harga perhiasan perak.

 

Sehingga, katanya penjualan perhiasan peraknya mengalami peningkatan drastis dan kini sangat menjanjikan. Setahun terakhir, wanita ini sangat senang dengan penjualannya yang terus meningkat. Tidak seperti awal berdagang perhiasan perak ini, dia hanya meraup Rp100-200 ribu per hari.

"Sekarang sudah cukup lumayan seharinya bisa Rp800 ribu sampai Rp1,5 juta per hari. Tidak kayak dulu, Rp200 ribu per harinya sudah sangat bagus," terangnya.

Zami, suami Anita menambahkan, bahwa saat ini banyak sekali masyarakat yang beralih dari emas ke perak. Selain aman dari ancamatan jambret, peralihan tren ini juga dikarenakan faktor harga emas yang terlalu tinggi.

"Dulunya banyak sekali anak-anak hingga orang dewasa menggunakan emas untuk bergaya, tapi sekarang sudah berkurang karena takut. Kalau sekarang ini, yaπg penting warnanya kuning, orang mau beli. Makanya sekarang perhiasan seperti emas itu laku keras," tambah Zami.

Perak juga, kata Zami, saat ini mudah untuk dijual lantaran tidak kalah menarik jika digunakan untuk bergaya. 

"Untuk bergaya pakai perak dan emas digunakan untuk investasi saat ini," pungkasnya.