Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Achmad Yurianto Tegaskan Hingga Saat Ini Situasi Masih Belum Normal
Oleh : Redaksi
Senin | 25-05-2020 | 09:36 WIB
YURIANTO_KEMENKES-ANTARA121.jpg Honda-Batam
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. (Foto: ANTARA)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, kembali menegaskan bahwa hingga saat ini situasi pandemi Corona di Indonesia masih belum normal.

"Situasi yang kita hadapi saat ini masih belum normal, oleh karena itu kita pun juga tidak boleh berpikir dan berperilaku seperti keadaan sebelum terjadinya pandemi Covid-19 ini," kata Yuri dalam konferensi pers daring di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (24/5/2020).

Hal ini, kata Yuri juga diakui oleh negara-negara di seluruh dunia bahwa kita tak akan bisa hidup normal seperti dulu.

"Kita harus membuat paradigma baru, kita harus mengubah kebiasaan-kebiasaan kita menuju ke kebiasaan yang baru. Kita harus hidup normal dengan cara yang baru, kita tidak boleh mundur setapak pun untuk tidak produktif," tegas Yuri.

Dikatakan Yuri, kendati begitu pihaknya meminta masyarakat untuk selalu produktif tanpa mengesampingkan keamanan akan risiko terinfeksi Corona.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengubah cara hidup kita, yakni dengan semakin menaati pola hidup bersih dan sehat.

"Kita harus memulai untuk membiasakan sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir," ucap Yuri.

Kita, lanjut Yuri juga harus mulai selektif untuk memilih melaksanakan kegiatan-kegiatan di luar rumah. Tak lupa juga untuk menggunakan masker manakala bepergian ke luar rumah demi keperluan yang tak bisa ditangguhkan.

"Kita juga harus tertib tanpa berdesak-desakan, tidak berkumpul padat tanpa ada tujuan apa pun yang bersifat produktif. Inilah yang kita maksudkan dengan berubah cara berpikir kita, berubah kebiasaan-kebiasaan kita," tegasnya.

Sumber: Liputan6.com
Editor: Yudha