PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasien Positif Covid-19 di Tanjungpinang yang Sembuh Sudah 20 Orang
Oleh : Redaksi
Rabu | 20-05-2020 | 18:36 WIB
20-sembuh-tpi.jpg honda-batam
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanjungpinang, mencatat sebanyak 20 dari 26 pasien positif yang dirawat maupun dikarantina dinyatakan sembuh.

"Dalam beberapa hari terakhir pasien Covid-19 yang sembuh mencapai 19 orang. Namun hari ini bertambah satu orang sehingga total menjadi 20 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanjungpinang, Rustam, seperti dilansir laman resmi Diskominfo Kepri, Rabu (20/5/2020).

Rustam mengemukakan pasien yang sembuh itu inisial RR, laki-laki berusia 19 tahun. RR yang tinggal di Jalan Ir Sutami tersebut sebelumnya ditetapkan sebagai pasien nomor 22 Tanjungpinang.

"Pasien nomor 22 ini sudah empat kali menjalani tes PCR, dengan rincian, pertama positif, dan pemeriksaan kedua hingga keempat negatif. Karena itu pasien dinyatakan sembuh," ucapnya, yang juga Kadis Kesehatan Tanjungpinang.

Rustam menjelaskan, berdasarkan hasil penelusuran tim, RR tertular Covid-19 setelah melakukan kontak dekat dan satu klaster keluarga Seiladi yaitu dengan kasus terkonfirmasi positif nomor 13 dan nomor 19. RR merupakan keponakan dari pasien tersebut.

Selama dalam perawatan, kata dia, RR dalam keadaan sehat sehingga dikategorikan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG). Dia pun melakukan isolasi mandiri di rumah di Seiladi, Tanjungpinang.

"Dengan tambahan satu kasus terkonfirmasi sembuh ini maka jumlah kasus sembuh di Kota Tanjungpinang adalah 20 kasus. Tersisa kasus positif aktif 3 kasus dari 26 kasus positif yang pernah ditemukan, sementara 3 orang lainnya meninggal dunia," ujarnya.

Klaster Seiladi merupakan klaster dari Syahrul, Wali Kota Tanjungpinang yang meninggal dunia setelah sempat dirawat sekitar dua minggu di ICU Rumah Sakit Raja Ahmad Thabib.

Editor: Gokli