Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Natuna Serahkan Bantuan Sembako di Tiga Kecamatan Terdampak Covid-19
Oleh : Kalit
Sabtu | 02-05-2020 | 17:05 WIB
natuna-sembako-2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal saat kunjungan kerja ke Serasan dan Serasan Timur sekaligus menyerahkan bantuan sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19, Selasa (28/4/2020) lalu. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal melaksanakan kunjungan kerja ke Kecamatan Serasan, Serasan Timur dan Subi, dengan didampingi beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah serta Ketua Penggerak PKK Natuna, Selasa (28/4/2020) lalu.

Bertempat di Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Kecamatan Serasan (BPMKS), Bupati Natuna beserta rombongan dijadwalkan menggelar pertemuan dengan masyarakat Kecamatan Serasan dan Serasan Timur dengan agenda selain silaturrahmi, peninjauan kondisi terkini terkait dampak pandemi Covid-19, sekaligus menyerahkan bantuan Sembako kepada masyarakat.

Dalam sambutannya, Hamid Rizal menerangkan, saat ini Pemerintah Daerah telah memutuskan untuk menghentikan sementara pelayaran kapal angkut penumpang, dengan maksud untuk terus melakukan pemantauan dan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Natuna.

Namun Hamid Rizal mengakui, masyarakat akan menjadi pihak yang paling terdampak akibat kebijakan sosial distancing dan imbauan tetap di rumah dalam kondisi saat ini. Begitu banyak informasi tersebar di media komunikasi informasi terkini yang menerangkan terdapat dampak negatif dari kebijakan tersebut, di antaranya perekonomian masyarakat yang mengalami penurunan, sehingga kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.


"Pemerintah Daerah telah memprogramkan Bantuan Ketahanan Pangan berupa sembako untuk selanjutnya disalurkan kepada keluarga yang membutuhkan dan paling terdampak atas berbagai kebijakan pemerintah yang telah ditetapkan terkait penanganan Covid-19," ujar Bupati Natuna.

Selain itu, dalam waktu dekat akan dikucurkan pula Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI sebesar Rp 600.000 setiap bulan selama 3 bulan bagi satu keluarga yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), di mana saat ini yang sudah masuk dalam data tersebut di Kabupaten Natuna sebanyak 2.315 keluarga.

Saat ini, dana tersebut sudah tersedia dan tinggal disalurkan pihak terkait dalam hal ini PT Pos, BNI dan BRI yang sudah ditunjuk Pemerintah Pusat.

Selanjutnya selama proses penyaluran anggaran tersebut diharapkan kepada seluruh perangkat untuk dapat bekerja secara professional, mengingat dana ini merupakan hak masyarakat banyak "Kepada masyarakat juga diharapkan agar dapat terus memonitor proses penyaluran tersebut dan tidak segan-segan untuk melaporkan jika terjadi penyelewengan maupun penyalahgunaan ataupun jika penerima bantuan tersebut dirasa tidak tepat sasaran," kata Abdul Hamid.


Mengakhiri sambutannya ketika itu, Hamid Rizal tidak bosan-bosannya terus mengimbau kepada masyarakat agar terus menetapkan prilaku hidup bersih dan sehat agar terlindungi dari penularan bahaya Covid-19.

Pada kesempatan yang sama, Camat Serasan, Wendriady mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Natuna yang terus menunjukkan kepedulian kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Hal ini tentunya sangat berarti bagi masyarakat mengingat saat ini sebagian besar masyarakat sedang menjalankan ibadah puasa, di mana kebutuhan terhadap bahan pangan dirasa juga sedikit meningkat. Semoga dengan bantuan ini, masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1441 Hijriyah dengan lebih tenang," kata dia.

Wendriady juga menambahkan, dengan adanya karantina kecamatan terhadap masyarakat yang baru datang dari luar daerah, sangat dirasa manfaatnya, terutama dalam memberikan rasa aman, serta memudahkan proses pemantauan. Namun demikian, kewaspadaan juga tidak boleh menurun, mengingat tidak jarang penyebarannya tanpa gejala, sehingga sulit untuk terdeteksi.

Selepas melakukan pertemuan dengan masyarakat Serasan dan Serasan Timur, rombongan Bupati Natuna melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Subi dengan agenda yang sama, yakni menyerah bantuan Sembako kepada masyarakat di Gedung Serbaguna Kecamatan Subi dan dilanjutkan berbuka puasa bersama di kediaman Camat Subi, Awang Natuna. (*)