Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Atletico Madrid Juara Liga Europa
Oleh : Redaksi/Goal.com
Kamis | 10-05-2012 | 10:31 WIB

BUCHAREST, batamtoday - Laga sengit antara dua tim Primera Liga Spanyol, Atletico Madrid dan Athletic Bilbao, di final Liga Europa menjadi milik Los Colchoneros. Radamel Falcao membawa Atletico unggul dua gol di babak pertama, kemudian Diego mencuri gol di menit-menit akhir saat Bilbao asyik menyerang. 

Striker asal Kolombia Falcao kembali menjadi pahlawan musim ini, setelah musim lalu dia juga membukan gol yang membawa Porto menjadi juara. Tambahan dua gol sekaligus mengukuhkannya sebagai topskor Liga Europa dengan 12 golnya sepanjang musim ini. 

Atletico tampil menyerang sejak menit awal dan langsung unggul saat laga memasuki menit ketujuh melalui aksi brilian Falcao. 

Falcao berlari dari sisi kanan dan sebelum menceploskan bola ke sudut gawang Gorka Iraizoz, mantan bintang Porto ini menunjukkan skill individu. 

Bilbao tidak mampu memberikan respons cepat atas gol Falcao dan Diego malah sempat membahayakan gawang Iraizoz namun sepakannya masih melebar di tiang gawang. 

Bilbao baru memperoleh kans menyamakan kedudukan melalui tendangan voli Fernando Llorente dari jarak dekat, tapi masih belum menemui sasaran. Iker Muniain kemudian memaksa Thibaut Courtois melakukan penyelamatan gemilang saat sepakan mendatar dari luar kotak penalti nyaris menjebol gawangnya. 

Sayang, sebelum akhirnya mampu menyamakan kedudukan Bilbao justru kembali tertegun oleh aksi Falcao di menit 34. Passing Arda Turan menjangkau Falcao yang berada dalam posisi menguntungkan yang sempat mengecoh Jon Aurtenetxe kemudian menggandakan keunggulan dari jarak dekat. Ini merupakan gol ke-29 Falcao di Liga Europa dari 29 laga. 

Pelan tapi pasti, tim besutan Marcelo Bielsa menemukan permainan terbaik di babak kedua dan menciptakan sejumlah peluang emas. Andoni Iraola dan Oscar de Marcos berada dalam posisi menguntungkan, sayang usaha keduanya belum membuahkan hasil. 

Susaeta juga nyaris memperkecil kedudukan di sisa 10 menit pertandingan, tapi tendangan mendatar dari sisi kanan masih bisa ditepis Courtois. 

Saat tengah asyik menyerang, Bilbao justru kembali kebobolan di sisa lima menit. Diego membawa bola dari luar kotak penalti, kemudian lepas dari kawalan tiga bek lawan dan melepaskan tembakan kaki kiri yang bersarang di sudut gawang Iraizoz.