Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Serikat Buruh di Batam Rayakan May Day dengan Aksi Sosial 1 Mei Mendatang
Oleh : Putra Gema
Rabu | 29-04-2020 | 18:20 WIB
alfitoni-FSPMI-btm.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua Konsulat Cabang FSPMI Batam, Alfitoni.

BATAMTODAY.COM, Batam - Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Hari Buruh (May Day) pada Jumat (1/5/2020) di Kota Batam tidak akan melaksanakan aksi unjuk rasa besar-besaran.

Hari buruh ini adalah sebuah hari libur tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

Biasanya, May Day akan diikuti dengan aksi unras di setiap daerah untuk menyampaikan aspirasi-aspirasi para buruh. Namun pada May Day tahun ini, akan berlangsung berbeda.

Ketua Konsulat Cabang FSPMI Batam, Alfitoni mengatakan, May Day mendatang tidak akan ada aksi unras seperti tahun-tahun sebelumnya. "Karena pandemi Covid-19, maka kegiatan perayaan May Day tahun ini tidak ada," kata Alfitoni, Rabu (29/4/2020).

Dijelaskannya, kegiatan May Day akan diganti dengan kegiatan sosial seperti, pembagian masker dan hand sanitizer. "Untuk puncak May Day dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 3 Mei kita akan salurkan sekitar 800-an paket sembako ke teman-teman anggota yang terdampak ekonominya karena Covid-19 ini," tegasnya.

Di waktu yang bersamaan, Ketua DPC F-Lomenik SBSI Batam, Zulkifli juga mengungkapkan hal yang sama. Pihaknya tidak akan melakukan aksi pada saat perayaan May Day.

"Insyaallah tidak ada untuk penyuarakan aspirasi di Pemko Batam dan DPRD Batam. Kita menunggu arahan dari pusat,yaitu induk organisasi yang komitment mendengarkan arahan Presiden Joko Widodo," tegasnya.

Pihaknya juga akan melakukan kegiatan sosial kepada para anggota yang terdampak pandemi Covid-19 ini.

Editor: Gokli