Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Del Bosque Sebut Guardiola Layak Jadi Pelatih Timnas Spanyol Mendatang
Oleh : Redaksi/Mg
Selasa | 08-05-2012 | 09:51 WIB
pelatih-timnas-spanyol-vicente-del-bosque-dan-mantan-pelatih-_120506192226-197.jpg Honda-Batam

Vicente Del Bosque (kiri) dan Josep 'Pep' Guardiola (kanan). Foto:sport

MADRID, batamtoday - Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente Del Bosque, memuji pencapaian Josep 'Pep' Guardiola dalam empat tahun kariernya membesut Barcelona. Selama periode itu, Barca menjadi tim yang tampil mendominasi baik di kancah domestik maupun Eropa.

Guardiola mampu mempersembahkan 13 gelar gelar untuk skuat La Blaugrana. Di kancah La Liga, pria kelahiran Santpedor itu berhasil mempersembahkan tiga trofi beruntun sejak musim debutnya pada 2008/09. Mantan pelatih Barcelona B itu juga bisa memberikan dua gelar Liga Champions untuk klub asal Katalan itu.

"Guardiola memberikan sisi unik dalam sejarah, dia tidak akan bisa ditandingi siapapun," kata Del Bosque, akhir pekan lalu, seperti dilansir laman Soccerway. Menurut mantan arsitek Real Madrid itu, Pep sudah memberikan warisan berharga dalam sepakbola Negeri Matador.

Bukan hanya bisa meraih banyak gelar, Guardiola juga bisa melakukannya dalam waktu yang sangat singkat. Karena itu Del Bosque tidak segan untuk memuji pelatih berkepala plontos itu. Ia mengatakan, jejak pencapaian Guardiola bersama La Blaugrana akan sulit untuk bisa diikuti.

"Menjadi hal yang tidak mungkin untuk orang lain meraih apa yang telah diraih Guardiola di Barcelona," kata arsitek berusia 61 tahun itu.

Bahkan Del Bosque melihat Guardiola sosok yang pantas menanganis  tim nasional La Furia Roja di masa depan. "Saya membayangkan ketika RFEF (Federasi Sepakbola Spanyol) akan menunjuk pelatih baru, mereka akan mencari yang terbaik dan Guardiola ada di antara itu," ujarnya.