Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perpisahan Pep Guardiola dan Hadiah Indah Messi
Oleh : Redaksi/Mg
Senin | 07-05-2012 | 10:38 WIB

BARCELONA, batamtoday - Lionel Messi dan Pep Guardiola menjadi sorotan, Minggu(6/5/2012) dini hari WIB saat Barcelona menghajar Espanyol 4-0 pada laga bertajuk derby Catalan. El Messiah memborong seluruh gol kemenangan dalam partai yang menjadi perpisahan Pep pada publik Camp Nou.

Ini merupakan laga terakhir Barca di Camp Nou dibawah asuhan Guardiola. Pep masih akan menjadi arsitek Barcelona pada dua laga terakhir, namun itu semua akan digelar di luar Camp Nou. Sebelum dan sesudah pertandingan, publik di Camp Nou terus mengelukan Pep sebagai tanda perpisahan. Pemandangan emosional menghiasai stadion berkapasitas 98,000 orang ini.

Pada laga itu sendiri Messi mencetak empat gol kemenangan masing-masing di menit ke-12, 64, 74, dan 79 dengan dua diantaranya lahir dari titik putih. Tambahan empat gol membuat Messi mencatatkan rekor fantastis. Ia telah mencetak 50 di La liga sekaligus membuatnya memimpin daftar El Pichihi. Bila di total, ia sudah menorehkan 72 gol di seluruh kompetisi dalam satu musim.

Usai pertandingan, seluruh penonton yang memadati Camp Nou tak beranjak. Mereka terus mengeluhkan Guardiola yang telah mempersembahkan 13 gelar untuk Barcelona. Pelatih muda ini menjadi legenda sekaligus idola baru di kota Catalan. 

Aura kesedihan mulai muncul saat Guardiola diminta untuk memberikan kata terakhir bagi Barcelona dan seluruh fans Catalan. Dengan mata berkac-kaca, Guardiola berpamitan. 

"Kami tidak akan jadi apa-apa, tanpa dukungan semua pihak, managemen tim, pemain dan suporter tentunya," kata Guardiola dengan mata berkaca-kaca. 

Beberapa menit kemudian, monitor raksasa yang terpasang di tengah stadion menampilkan video kenangan manis Barcelona bersama Guardiola dalam empat tahun terakhir. 13 trophy berhasil diborong sang pelatih dalam durasi yang sangat pendek. 

Sementara itu, managemen Barcelona melalui situs resminya menyatakan bahwa acara tambahan pada laga terakhir sengaja dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap Pep Guardiola. Pelatih yang sangat berjasa itu memutuskan untuk pensiun dari hingar bingar sepakbola. 

"Guardiola telah melakukan hal besar untuk tim ini, Ia akan jadi legenda baru kota Catalan," kata Sandro Rosell, Presiden Barcelona.

Guardiola memang tetap dalam pendiriannya. Ia ingin pensiun dari dunia sepakbola. Kesetiaannya terhadap Barcelona ditunjukan dengan menolak tawaran menggiurkan dari bos Chelsea Roman Abramovic. Bahkan kabar terakhir, Intermilan, PSG dan beberapa klub besar juga berusaha untuk membujuk Guardiola, dan hasilnya sama, nihil.

"Tak ada yang lebih indah dibanding dengan mengabdi untuk tim ini (Barcelona), disini sepakbola bukan sekedar permainan, tapi lebih dari itu, filosofi yang tidak dimiliki tim lain dan kota lain di Dunia," kata Guardiola saat perpisahan.