PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Ada Loker, Pencaker Dilarang Nongkrong di Kawasan Batamindo
Oleh : Irwan Hirzal
Jumat | 27-03-2020 | 14:00 WIB
pencaker-batamindo.JPG honda-batam
Para pencari kerja di Kawasan Indusrti Batamindo Mukakuning Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Akibat menyebarnya penyakit Covid-19 di Kota Batam, para pencari pekerjaan (Pencaker) yang mendatangi Kawasan Industri Batamindo Mukakuning Batam dilarang nongkrong di tempat keramaian.

Larangan tersebut langsung diperintahkan oleh manajemen kawasan industrial Batamindo, guna mengantisipasi penyebaran covid-19.

"Saya hanya mengawasi para pencakar tidak boleh nongkrong di MPH Batamindo,” kata salah satu petugas sekuriti Batamindo.

Selain dilarang untuk nongkrong di MPH Batamindo, para pencaker pun mengeluh karna banyak perusahaan dikawasan tersebut tak menerima lowongan kerja.

"Tak ada buka lowongan kerja Sep akibat penyebaran virus Corona ini,” kata Nanda, usai mencoba melamar pekerjaan di MPH Batamindo, Kamis (26/03/2020).

Dampak akibatnya virus Covid-19 ini, ratusan pencaker tetap datang ke kawasan Batamindo dalam mencari pekerjaan, meski sejumlah perusahan tidak membuka lowongan kerja.

"Memang susah cari kerja sekarang. Saya sudah 4 bulan menganggur dan sudah banyak mengajukan lamaran kerja. Tapi sampai sekarang tidak ada perusahan yang memanggil,” tambah Nanda.

Menurutnya lagi, sejak pemerintah kota Batam mengumumkan untuk menghindari tempat-tempat keramaian, semakin sulit bergerak kemana-mana. Sementara kebetuhan sehari-hari sudah habis.

"Tak tahu lagi mau makan apa bang. Soalnya kebutuhan sehari-hari saya sudah habis. Kita pun tak bisa bergerak kemana-mana karna virus Corona ini. Dan tak mungkin kita minta dari orangtua dikampung, sementara dikampung pun minta berharap sama saya," ceritanya sambil mengeluh sulitnya mendapat pekerjaan di Batam.

Editor: Dardani