Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kawasan Batamindo Tetap di Padati Pencaker, Meski tak Ada Lowongan Kerja
Oleh : CR-3
Kamis | 12-03-2020 | 15:28 WIB
pencaker_batamindo.jpg Honda-Batam
Ratusan Pencaker Padati Kawasan Batamindo Mukakuning, Kamis (12/3/2020). (Foto: Paschall RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Meski tidak ada lowongan kerja (Loker) yang terpampang di papan informasi, ratusan pencari kerja sudah berbondong memenuhi kawasan Community Center (CC) Batamindo, Mukakuning, Kamis (12/3/2020).

Sedari pagi sekira pukul 9.30 WIB, sudah tampak para pencaker memenuhi areal CC yang terletak di belakang Plaza Batamindo ini.

Dengan memegang berkas lamaran ditangan, para pencaker ini terlihat sangat antusias. Bahkan, mereka rela duduk bersilah sambil menunggu ada lowongan pekerjaan yang di tempelkan di papan informasi.

Mereka berharap setiap harinya ada perekrutan atau penerimaan karyawan baru di perusahaan yang berada di kawasan itu.

Lilis, salah seorang pencaker mengatakan, hampir setiap hari ia datang di kawasan CC untuk melihat papan pengumuman untuk melamar pekerjaan yang disediakan pihak perusahaan.

"Hampir setiap hari Saya berkeliling ke beberapa kawasan industri di Batam untuk memasukan lamaran, namun hingga saat ini belum ada panggilan dari pihak perusahaan," kata Lilis dengan nada sedih.

Mirisnya lagi, kata dia, untuk beberapa waktu ini, tidak ada sama sekali lowongan yang dipasang oleh pihak perusahaan di papan informasi.

"Walaupun tidak ada pengumuman, saya setiap hari selalu menyempatkan diri kesini, siapa tau ada lowongan," ujarnya.

Lilis menjelaskan, sebelumnya ia sudah pernah bekerja di salah satu perusahaan elekteonik di kawasan Mukakuning, Batamindo. Namun, setelah berakhir masa kontraknya, ia menjadi pengangguran.

"Sekarang susah kali mencari pekerjaan di Batam. setelah habis kontrak, sudah hampir setahun saya menganggur di Kota Batam," ujarnya.

Sementara pencaker lain, Bayu, mengatakan, mencari pekerjaan di Batam khususnya untuk laki-laki sangat sulit.

Ia mengakui, beberapa waktu lalu ada penerimaan karyawan baru di salah satu perusahaan elektronik, namun yang dibutuhkan hanya untuk perempuan.

"Saya ke sini untuk cari kerja mas, tapi susah kali. Hampir semua perusahaan yang membuka lowongan semuanya untuk cewek," imbuhnya.

Bayu berharap, ke depannya lowongan pekerjaan tidak hanya untuk kaum perempuan, tapi juga laki-laki.

Editor: Surya